Analisis Kesalahan Mahasiswa Pada Sistem Persamaan Linear Dengan Operasi Baris Elementer Kelas Aljabar Linear Dan Matriks
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.810Keywords:
Kesalahan, Matematika, SPL, Metode OBEAbstract
Kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika perlu menjadi perhatian bagi pendidik dan perlu dicari solusi terbaik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui informasi tentang kesalahan-kesalahn yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier menggunakan OBE dan faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif denga teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Penelitian dilakukan pada mahasiswa UNMARIS semester II kelas ekstensi (kelas sore) sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan tes SPL dengan metode OBE sebagai berikut: 1). Kesalahan konsep, 2) kesalahan procedural , 3) kesalahan komputasi dan 4) kesalahan penarikan kesimpulan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kesalahan antara lain : 1). Mahasiswa tidak memahami konsep dasar dari materi matriks meliputi definisi, notasi; 2). Mahasiswa cenderung diam dan tidak aktif diskusi saat materi dijelaskan sehingga bingung mengerjakan soal; 3). Mahasiswa kurang konsentrasi dalam menghitung; 4) Mahasiswa lebih memilih mengisi jawaban akhir dibandingkan menuliskan jawaban secara prosedural; 5) Mahasiswa malas mengoreksi kembali jawaban sebelum dikumpul.
References
Abas, H. M., Hairun, Y., & Tonra, W. S. (2020). Analisis Kesalahan Konsep Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linear Pada Studi Kasus Mahasiswa Matematika Semester Iv Angkatan 2016. Saintifik@ Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1), 5–14. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/Saintifik/article/view/3641
Ayu, M. P., & Bouk, Y. M. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI PROGRAM LINIER DI MAN WAIKABUBAK. JURNAL PENDIIDKAN MATEMATIKA, 9(01), 93–102.
Bogdan, B., & Bilken, S. K. (1992). Quality research for education: An introduction to theory and methods (3rd ed.). Allyn and Bacon, 1982.
Daswarman, D. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1335–1344. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1338
Hadaming, H., & Wahyudi, A. A. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. 1(4), 213–220.
Hidayati, P., Syafrizal;, & Fadriati. (2023). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYANYA HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Limas PGMI :, 1(4), 46–58. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/limaspgmi
Mataheru, W., Huwaa, N. C., & Matitaputty, C. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Perkuliahan Matematika Dasar Secara Daring. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 45–50. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss1year2021page45-50
Meika, I., Mauladaniyati, R., Sujana, A., Sartika, N. S., & Pebriyani, N. (2023). Analisis Kesalahan Dalam Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2663. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.5651
Mithia, N. K. M. C., Wibawa, K. A., & Suwija, I. K. (2023). Analisis kesalahan berdasarkan prosedur newman dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV ditinjau dari gaya belajar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 51–63. https://doi.org/10.33387/dpi.v12i1.5842
Murtiyasa, B., & Lathifah, A. H. N. (2023). Mathematics Learning Difficulties in Distance Learning. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 8(1), 51. https://doi.org/10.26737/jetl.v8i1.3433
N, K., Khabibah, S., & Saâ€TMadah, N. (2023). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Materi Pythagoras Berdasarkan Teori Newman. Cartesian: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 250–256. https://doi.org/10.33752/cartesian.v2i2.2901
Rahmat, P. saeful. (2009). Penelitian Kualitatif. EQUILIBRIUM, 5(9), 1–8. https://doi.org/10.31227/osf.io/wtncz
Rahmatia, R., Ugi, L. E., & Lisnawati, L. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Kriteria Newman. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 9, 15–22. https://doi.org/10.55340/japm.v9i1.1132
Ramadhini, D. A., & Kowiyah, K. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Kecepatan Menggunakan Teori Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2475–2488. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1581
Yofita, A., Rahmi, R., & Jufri, L. H. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Belajar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 42. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.4979
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.