Analisis Kepraktisan Penggunaan Model Problem Based Learning Berbasis Phet Simulation Untuk Meningkatkan Pengetahuan Konseptual Fisika Pada Materi Elastisitas & Hukum Hooke
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v4i03.794Keywords:
Kepraktisan, Problem Based Learning, Phet Simulation, Pengetahuan KonseptualAbstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk melihat tingkat kepraktisan penggunaan model problem based learning berbasis phet simulation untuk meningkatkan pengetahuan konseptual fisika pada materi elastisitas dan hukum hooke. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dan diujicobakan di kelas XI IPA 6 SMA Negeri 1 Kabila. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Anlysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk melihat kepraktisan perangkat pembelajaran terdiri dari lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan angket respon peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil analisis data penelitian yang menunjukkan tingkat keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92,5 % dengan kriteria sangat baik, hasil keseluruhan angket guru memenuhi kriteria baik, Dan hasil angket peserta didik mencapai rata – rata 92.01 % dengan kriteria baik, oleh karena itu, perangkat pembelajaran ini praktis untuk digunakan.
References
Anderson,L,W & Krathwohl,D,R,(2017) kerangka landasan untuk pembelajaran,pengajaran dan Asesment,Pustaka Pelajar,Yogyakarta
Arbie, A., Satri, P. S., Setiawan, D. G., Nuayi, A. W., & Buhungo, T. J. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning - Problem Solving Berbantuan Whatsapp Dan Zoom Meeting Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, Volume 7(No.2).
Buhungo, T. J., Mustapa, D. A., & Arbie, A. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning - Inquiry Pada Pembelajaran Daring Berbantuan Whatsapp Dan Zoom Meeting Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPT), Volume 7(No.2).
Desriyanti, R., & Lazulva. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Konsep Hidrolisi Garam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris Kimiya, Volume 1(No.2), 70 - 78.
Haspen, C. D., & Syafriani. (2022). Praktikalitas Dan Efektivitas E - Modul Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik (Vol. Volume 8).
Masita, S. I., Donuata, P. B., Ete, A. A., & Rusdin, M. E. (2020). Penggunaan Phet Simulation Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, Volume 5(No.2), 136 - 141.
Mustami, M. K., Suyuti, M., & Maryam. (2017). Validitas, Kepraktisan, Dan Efektivitas Perangkat Pembelajaran Biologi Integrasi Spiritual Islam. Volume 23(No. 1).
Najwa, Gunawan, Sahidu, H., & Harjono, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), Volume 8.
Novita, N., S, I. T., & Fatmi, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Dengan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Volume 05(No.03).
Nurjannah, E., Ayub, S., Doyan, A., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantu Media Phet Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Keterampilan Generik Sains Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains, Geologi, Dan Geofisika, Volume 2(No. 1), 21 - 25.
Odja, A. H., Hasan, M., & Mursalin. (2022). The Effect Of Problem Based Learning Applied With Blended Learning On Student'Problem Solving Skills. Jurnal JIPF, VOLUME 7(nO.3).
Pasaribu, A., & Saparini. (n.d.). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Untuk Meremidiasi Miskonsepsi Pada Materi Gaya Dan Hukum Newton Tentang gerak. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika.
Saputra, R., Susilawati, & Verawati, N. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet (physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Volume 15(No.2), 110 - 115.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumu Aksara
Yusuf, m, & Prabowo. (2019). Model Asesmen Pengetahuan Konseptual Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Fisika. Jurnal Jambura Physics Journal, Volume 1(No.1), 41 - 58.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.