Penerapan Model Pembelajaran SSCS untuk Menganalisis Kemampuan Berpikir Aljabar dan Pemahaman Konsep dan Kebiasaan Berpikir Matematis Siswa

Authors

  • Vingky Zulfa Asria Institut Az Zuhra
  • Suci Nurhayati Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.697

Keywords:

Model Pembelajaran SSCS, Berpikir Aljabar, Kebiasaan Berpikir Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir aljabar dan pemahaman konsep matematika siswakebiasaan berpikir matematis siswa menggunakan model pembelajaran SSCS. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan informasi kepada siswa dalam pembelajaran matematika dan analisis untuk melihat peningkatan kemampuan matematika siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan dan kemampuan konsep serta kebiasaan berpikir matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran SSCS mempunyai pemahaman konseptual yang baik. Selain itu, siswa juga mempunyai kebiasaan berpikir matematis yang baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket yang menunjukkan sesuai dengan jawaban yang diberikan siswa dan berada pada tingkat yang cukup tinggi.

References

Astuti, NPEF & Suweken, G. & Waluyo, D. (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Banjar. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha 9 (2), 84-95.

Budiyono. (2003) Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Cai, J. & Knuth, E. (2005). Mengembangkan pemikiran aljabar: berbagai perspektif. Tinjauan Internasional tentang Pendidikan Matematika (hal 37)

Costa, AL & Kallick, B. (2000). Menilai dan melaporkan kebiasaan berpikir. Alexandria: Asosiasi Pengawasan dan Pengembangan Kurikulum.

Departemen Pendidikan Nasional 2004 Peraturan Menteri Nomor 506/C/Kep/PP/2004

Effandi, Zakaria dkk. (2007) Tren Pengajaran dan Pembelajaran Matematik. Kuala Lumpur: Penerbitan & Distributor Utusan Sdn Bhd.

Hartanti, PS (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Menggunakan Media LKPD pada Materi Penyajian Data untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kepanjen. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika 4(2), 62-68.https://doi/10.33474/jpm.v4i2.2617.

Jannah, W. (2017). Penerapan Model Search, Solve, Create, dan Share (SSCS) dengan Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Disertasi doktoral. UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh

Kriegler, S. (2011). Apa itu pemikiran aljabar. UCLA: Departemen Matematika.

Lawrence, A. & Hennessy, C. (2002) Pelajaran untuk berpikir aljabar: Kelas 6-8 (Sausalito: Math Solutions Publications)

Lexy, JM (2001) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Pizzani, E. (1991). Buku Panduan Implementasi SSCS. Lowa: Universitas Lowa

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Pers.

Sumantri, M. & Suwatra, IW & Putu, SIG (2017). Pengaruh Model Pembelajaran SSCS Berbantuan Kartu Masalah Matematika siswa kelas III SD di gugus XIII kec. Buleleng. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha 5 (2), 4.

Walle, VD (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah (Jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Windsor, W. (2010). Pemikiran aljabar: pendekatan pemecahan masalah. Prosiding konferensi tahunan ke-33 Kelompok Penelitian Pendidikan Matematika Australasia (p 665-672) Fremantle: MERGA.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Asria, V. Z., & Nurhayati, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran SSCS untuk Menganalisis Kemampuan Berpikir Aljabar dan Pemahaman Konsep dan Kebiasaan Berpikir Matematis Siswa. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(01), 104–109. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.697