Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa

Authors

  • Lica Perta Juliyas Muharni Institut Az-Zuhra

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.685

Keywords:

Model Pembelajaran Treffinger, , Penalaran Matematika

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Treffinger lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Postest Only Grup Design. Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII putri MTs Darul Hikmah Pekanbaru sebanyak 138 siswa, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematika siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai tobtained = 2,74, dengan taraf signifikan 5% dan dk = 51 dari daftar distribusi t diperoleh ttable = 1,67. Oleh karena itu nilai tobtained > ttable karena 2,74>1,67, sehingga ta diterima dan t0 ditolak artinya kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Treffinger lebih tinggi dari pada kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional.

References

Aisyah, S., Riyanto, Y., & Suhanadji, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.7

Gustianti, M. (2017). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Dan Gaya Belajar Siswa. In (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Juniantari, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Pendidikan Karakter Dengan Model Treffinger Bagi Siswa Sma. Journal of Education Technology, 1(2), 71. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11742

Khoirudin, K., & Rizkianto, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Dan Learning Trajectory Yang Berorientasi Pada Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 207–218. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.34

Lestari, S., Waluya, B., & Dewi, N. R. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smk Dalam Model Pembelajaran Treffinger Berbasis Filosofi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara. JIPMat, 7(2), 113–121. https://doi.org/10.26877/jipmat.v7i2.12057

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003

Noor, S., & Tajik, O. (2022). Simple Random Sampling. IJELS, 1(November). https://doi.org/10.1002/9780470374597.ch3

Nurhidayati, S., Tayeb, T., Masalah, B., & Penalaran, K. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran Pada Pokok Bahasan Perbandingan Kelas Vii Mtsn Model Makassar. 5(2), 236–250.

Oktaviana. S, A. . N. . (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Aritmatika Sosial. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 119–126. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2040

Rosita, C. D. (2014). Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis : Apa, Mengapa, Dan Bagaimana Ditingkatkan Pada Mahasiswa. Euclid, 1(1), 33–46. https://doi.org/10.33603/e.v1i1.342

Rosiyanti, H., & Wijayanti, E. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Matematika dan Sikap Siswa. FIBONACCI :Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 1(2), 37–44.

Salmina.M, N. K. . (2018). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender Pada Materi Geometri. Jurnal Numeracy, 5(April 2018), 3264–3268. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00208803

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Terhadap. Jurnal Pendidikan Mosharafa, 5(1), 1–10. https://media.neliti.com/media/publications/226594-peningkatan-kemampuan-penalaran-matemati-55500f0f.pdf

Suraji, Maimunah, & Sehatta, S. (2018). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Susanti, A., Sajidan, & Sugiyarto. (2014). Pembelajaran Biologi Menggunakan Inquiry Training dengan Vee Diagram dan KWL Chart Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Penaran Formal. Jurnal Inkuiri, 3(1), 75–84. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/inkuiri/article/view/3844

Utami, M. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. In Jakarta: Rieneka Cipta.

Widayanti, E., & Aisyah, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Berbantukan Software Sparkol Videoscribe Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 117–128. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no2.2019pp117-128

Zega, S. S., Lase, S., & Mendrofa, R. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di SMP Negeri 4 Gunungsitoli. Formosa Journal of Applied Sciences, 1(5), 687–702. https://doi.org/10.55927/fjas.v1i5.1356

Zumratun, M. P. (2012). Analisis Kemampuan Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa Kelas V Sd/Mi Pada Pembelajaran Matermatika.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Muharni, L. P. J. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 4(01), 74–82. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.685