Kreativitas Mahasiswa dalam Membuat Media Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.66Keywords:
Kreativitas, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas mahasiswa calon guru dalam membuat media pembelajaran. Untuk mendeskripsikannya, peneliti menggunakan teori Munandar (2009) yang terdiri dari kelancaran berpikir, keluwesan berpikir, elaborasi, dan originalitas. Materi yang digunakan pada penelitian ini adalah media pembelajaran. Peneliti dan partisipan melakukan wawancara untuk mengetahui kreativitas mahasiswa calon guru. Peneliti menggunakan desain naratif untuk mengeksplorasi kreativitas mahasiswadalam membuat media pembelajaran. Partisipan diambil dari mahasiswa semester 6 dan telah mengikuti mata kuliah praktek pembuatan media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada kategori kelancaran berpikir, mahasiswa calon guru sudah memiliki pengetahuan tentang media pembelajaran, mampu menemukan ide, serta mengaitkan beberapa konsep dalam satu media pembelajaran; (2) Pada kategori keluwesan berpikir, mahasiswa calon guru sudah mampu menggunakan bermacam pendekatan dan melihat masalah dari sudut pandang berbeda.; (3) Pada kategori elaborasi, mahasiswa calon guru sudah mampu melakukan inovasi, kreativitas, dan mengembangkan gagasan dengan terispirasi oleh lingkungan sekitar; (4) Pada kategori originalitas, mahasiswa calon guru sudah mampu menjelaskan keorisinilan media pembelajaran yang dibuat dengan mengembangkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik.
References
Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Itqan. 8(2) pp. 145-167.
Apsari, Y., Lisdawati, I., & Mulyani, E.R. (2020). Alat Permainan Edukatif Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Abdimas Siliwangi. 3(1) pp. 38-47.
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi. 3(2) pp. 5-18.
Fitri. (2021). Studi Tentang Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Kompetensi Tenaga Pendidik Di SMA Negeri 4 Palu. Jurnal Manajemen Pendidikan. 1(1) pp. 9-16.
Gunarti, W. (2013). Sains Dan Kreativitas: Pandangan Terhadap Pemikiran John Horgan dalam “The End Of Science”. Jurnal Desain. 1(1) pp. 61-68.
Hutapea, R.H. (2020). Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Di Masa Covid-19. Didaché:Journal of Christian Education. 1(1) pp. 1-12.
Ismaniar & Hazizah. (2018). Buku Ajar Pelatihan Kreativitas Deu-Coupage Bagi Pendidik. Padang: Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.
Jamaris, M. (2013). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (online). Https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kreatif
Miles & Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi. 1(1) pp. 36-48.
Permenpan RB Nomor 19 Tahun 2019
Purwanto, B. (2011). Pentingnya Kreativitas Guru dan Calon Guru dalam Upaya Pengembangan dan Pengadaan Alat Demonstrasi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA. 1(1) pp. 229–238.
Putri, S.P., Suid, AB., & Yusuf, N. (2017). Kemampuan Guru Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar Negeri 29 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(2) pp. 84-91.
Rahmatullah, M. (2011). Pengaruh pemanfaatan media pembelajaran film animasi terhadap hasil belajar. Jurnal penelitian pendidikan. 1(1), pp. 178-186.
Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. UIN SUMUT.
Setiono, P., & Rami, I. (2019). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. 1(1), pp. 1-10.
Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh media pembelajaran terhadap mutu pembelajaran pada sekolah dasar terakreditasi A. Mimbar sekolah dasar. 3(2), pp. 183-190.
Wati, E.R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.