Penggunaan Video Pembelajaran Interaktif sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi

Authors

  • Anggita Wahyu Widiya Universitas Kristen Satya Wacana
  • Vany Oktaviana Universitas Kristen Satya Wacana
  • Arum Dwi Utari Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.64

Keywords:

Video pembelajaran, Interaktif, Media, Pandemi

Abstract

Selama masa pandemi, seorang guru dituntut untuk membimbing siswanya belajar dari jarak jauh. Guru harus menggali pembelajaran yang efektif agar hasil belajar siswa tidak mengalami penurunan. Dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, guru harus menciptakan ide-ide baru setiap harinya. Tujuan dari pemanfaatan video pembelajaran interaktif adalah mempermudah pengajar untuk lebih leluasa menyampaikan materi pada saat kegiatan belajar mengajar. Selain untuk mempermudah pengajar, peserta didik juga lebih paham akan  materi yang disampaikan karena materi tersebut dijelaskan secara rinci melalui video dan suara, bukan hanya tulisan. Metode penelitian yang kami gunakan yaitu menggunakan metode wawancara dan pengamatan di SD Negeri Geblog pada masa pandemic. Sample dari penelitian yang penulis lakukan yaitu dari berbagai Sekolah Dasar, terutama di SD Negeri Geblog masih banyak guru melakukan pembelajaran dengan pembuatan video yang berisi materi. Kemudian, saat pembelajaran akan dimulai peserta didik dapat mengakses video melalui link youtube yang dibagikan melalui Whatsapp Group. Adapun menggunakan aplikasi Zoom atau Google Meet, guru melakukan share screen. Hasil penelitian dengan presentase terbesar pada media pembelajaran adalah menggunakan media video interaktif. Dengan bantuan media pembelajaran interaktif dapat memudahkan proses pembelajaran antara guru dengan peserta didik. Adanya media pembelajaran interaktif juga memiliki banyak pengaruh positif terhadap kemajuan pengetahuan peserta didik.

References

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1).

Qondias, D., Anu, E. L., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping Sd Kelas Iii Kabupaten Ngada Flores. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 176-182.

Sari, P. (2019). Analisis terhadap kerucut pengalaman Edgar Dale dan keragaman gaya belajar untuk memilih media yang tepat dalam pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 58-78.

Susetyo, A. M. (2018). PENERAPAN KONSEP ANDERSON DALAM MEMILIH MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK GURU SMA MUHAMMADIYAH 4 SONGGON BANYUWANGI. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 4(2), 131-139.

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64-72.

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran.

Downloads

Published

2021-11-20

How to Cite

Widiya, A. W., Oktaviana, V., & Utari, A. D. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Interaktif sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 1(04), 293–299. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.64