Kemampuan Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa MTsN 4 Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.632Keywords:
Literasi digital, Pembelajaran, Bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kemampan literasi digital siswa MTsN 4 bojonegoro pada kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Penelitian ini akan mengetahui seberapa tinggi kemampuan literasi digital siswa di MTsN 4 Bojonegoro. Sampel penelitian ini adalah siswwa kelas VII di MTsN 4 Bojonegoro sebanyak 17 siswa. Instrument yang digunakan yait angket dengan memanfaatkan google form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII di MTsN 4 Bojonegoro menguasai empat kompetensi literasi digital yaitu pencairan informasi di internet; pandu arah Hypertextual; evaluasi konten infornasi; penyusunan pengetahuan yang termasuk dalam kategori baik.
References
Abidin, dkk. (2017). Pembelajran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, membaca dan Menulis. Jakarta:Bumiaksara
Fauzi, Nurul Fajriati dan Usmeldi. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Digital Siswa SMK
Firmansyah, M. B. (2019). Literasi Multimodal Bermuatan Kearifan Lokal Serta Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 10(1), 60–68.
Gilster, Paul. (1998). Digital Literacy. Hoboken: Wiley
Hardiyanti, W. M. (2022). Penerapan Jurnal Pembiasaan Literasi Membaca Di Smp Negeri 1 Mojogedang. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 6(2), 268. https://doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7901
Permata Yanda, D. (2018). a Multimodal Discourse Analysis (Mda) on Bidadari Bermata Bening Novel By Habiburrahman El-Shirazy (Analisis Wacana Multimodal Dalam Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El-Shirazy). Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(2). https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i2.2597
Purab, S. M., & Purwono, A. (2022). Pengaruh Program Literasi Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas IV a Mi Darussalam Pacet Mojokerto. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(2), 133–151. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i2.972
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





