Analisis Komunikasi dan Karakteristik Pada Perkembangan Peserta Didik Di SD

Authors

  • Fani Anggita Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khoirun Nisa Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Icha Pratiwi Sihotang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sri Wahyuni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.612

Keywords:

Komunikasi, karaktersitik perkembangan, anak SD

Abstract

Individu mengkomunikasikan rangsangan kepada orang lain, biasanya secara verbal, untuk mengubah perilaku mereka. Proses ini dikenal sebagai komunikasi (Hovlan, Janis, dan Kelly). Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana sifat dan komunikasi mempengaruhi pertumbuhan siswa. Dengan menggunakan studi lapangan dan tinjauan literatur, penelitian ini bersifat kualitatif. Tahapan penelitian diselesaikan dengan mengumpulkan sumber pustaka primer dan sekunder. Menurut rumusan penelitian, data dikategorikan dalam penelitian ini (Darmalaksana, 2020) Untuk mengembangkan sistem pembelajaran berdasarkan kondisi setiap siswa dan mengidentifikasi batas antara perilaku yang harus diajarkan kepada siswa dan perilaku yang tidak, penting untuk dilakukan. menganalisis ciri-ciri dan perkembangan awal peserta didik. Hal ini dapat dilakukan melalui komunikasi yang efektif dan pendekatan yang menerima siswa apa adanya. Untuk menjamin komunikasi yang efektif, pendidik perlu mempertimbangkan kepribadian siswa usia sekolah dasar. Komunikasi sejak dini harus didorong dan dibangun berdasarkan pemahaman guru. Tentu saja, ada lebih banyak cara untuk berkomunikasi di luar hanya sekedar berdiskusi. Misalnya, seseorang dapat menunjukkan kepada seseorang bahwa mereka membayar dengan mendengarkan atau menggunakan kata-kata yang memberi semangat.

References

Adlini, dkk. (2022) Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan Vol, 6 (1)

Iwan, dkk. (2022) Pengaruh Komunikasi Dan Karakteristik Peserta Didik Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Stidki Bogor. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam Vol, 3 (1), 4

Dedy Andrianto. (2021) Komunikasi Dengan Aud. Jakarta: Kemendikbudristek.

Mariyatul. (2015). Pengaruh Komunikasi Orangtua Dan Motivasi Belajar Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Atas Swasta Di Kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Magdalena, dkk. (2020) Analisis Karakter Dan Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Vol, 2 (3)

Mutia (2021) Characteristics Of Children Age Of Basic Education. Jurnal FITRAH Vol, 3 (1), 114

Santoso, Edi dan Setiansah, Mite. (2010) Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, Edisi Pertama, Cetakan Pertama.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Lubis, F. A., Lubis, K. N. ., Sihotang, I. P., & Wahyuni, S. (2023). Analisis Komunikasi dan Karakteristik Pada Perkembangan Peserta Didik Di SD. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(04), 478–482. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.612