Analisis Komunikasi dan Karakteristik Pada Perkembangan Peserta Didik Di SD
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.612Keywords:
Komunikasi, karaktersitik perkembangan, anak SDAbstract
Individu mengkomunikasikan rangsangan kepada orang lain, biasanya secara verbal, untuk mengubah perilaku mereka. Proses ini dikenal sebagai komunikasi (Hovlan, Janis, dan Kelly). Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana sifat dan komunikasi mempengaruhi pertumbuhan siswa. Dengan menggunakan studi lapangan dan tinjauan literatur, penelitian ini bersifat kualitatif. Tahapan penelitian diselesaikan dengan mengumpulkan sumber pustaka primer dan sekunder. Menurut rumusan penelitian, data dikategorikan dalam penelitian ini (Darmalaksana, 2020) Untuk mengembangkan sistem pembelajaran berdasarkan kondisi setiap siswa dan mengidentifikasi batas antara perilaku yang harus diajarkan kepada siswa dan perilaku yang tidak, penting untuk dilakukan. menganalisis ciri-ciri dan perkembangan awal peserta didik. Hal ini dapat dilakukan melalui komunikasi yang efektif dan pendekatan yang menerima siswa apa adanya. Untuk menjamin komunikasi yang efektif, pendidik perlu mempertimbangkan kepribadian siswa usia sekolah dasar. Komunikasi sejak dini harus didorong dan dibangun berdasarkan pemahaman guru. Tentu saja, ada lebih banyak cara untuk berkomunikasi di luar hanya sekedar berdiskusi. Misalnya, seseorang dapat menunjukkan kepada seseorang bahwa mereka membayar dengan mendengarkan atau menggunakan kata-kata yang memberi semangat.
References
Adlini, dkk. (2022) Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan Vol, 6 (1)
Iwan, dkk. (2022) Pengaruh Komunikasi Dan Karakteristik Peserta Didik Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Stidki Bogor. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam Vol, 3 (1), 4
Dedy Andrianto. (2021) Komunikasi Dengan Aud. Jakarta: Kemendikbudristek.
Mariyatul. (2015). Pengaruh Komunikasi Orangtua Dan Motivasi Belajar Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Atas Swasta Di Kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
Magdalena, dkk. (2020) Analisis Karakter Dan Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Vol, 2 (3)
Mutia (2021) Characteristics Of Children Age Of Basic Education. Jurnal FITRAH Vol, 3 (1), 114
Santoso, Edi dan Setiansah, Mite. (2010) Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, Edisi Pertama, Cetakan Pertama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.