Strategi Pendidik Dalam Mengembangkan Hidden Kurikulum Secara Implisit Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Arqom

Authors

  • Silvia Putri Ardilla Universitas Negeri Surabaya
  • Iga Dwi Rian Ningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Devi Enjel Savitri Universitas Negeri Surabaya
  • Kaniati Amalia Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.584

Keywords:

Hidden Kurikulum, Implisit, Strategi, Moral

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Strategi Pendidik pada SD Islam Terpadu Darul Arqom dalam Mengembangkan Hidden Kurikulum Secara Implisit. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menerapkan metode teknik observasi dan literatur review. Hasil dari penelitian ini adalah Bagaimana cara sekolah Mengintegrasikan nilai moral dan etika dalam kurikulumnya hingga Cara untuk menggabungkan pengalaman belajar di luar kelas, seperti kunjungan lapangan atau proyek komunitas ke dalam Hidden Kurikulum. Caranya dengan para siswa diberi pengarahan untuk selalu menerapkan hal baik, meskipun hal tersebut tidak tercantum secara tertulis pada tata tertib Sekolah. Oleh karena itu, dengan adanya pembiasaan atau norma baik yang diterapkan oleh para peserta didik, hal ini akan memberikan dampak yang baik pula bagi para peserta didik yang lain, serta hal ini juga pastinya akan sedikit meringankan dan mengurangi beban seorang guru, dikarenakan para Peserta Didiknya yang selalu berbuat positif dan saling membantu antar sesama teman tanpa adanya perkelahian.

References

Atika, Feby. 2018. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Metode Proyek Di TK Al-Azhar 14.

Abdul, Aziz. 2020. “Teknik Analisis Data Analisis Data.” Teknik Analisis Data Analisis Data 1–15.

Caswita, Caswita. 2019. “Kurikulum Tersembunyi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 17(3):300–314. doi: 10.32729/edukasi.v17i3.590.

Drs. Hery Noer Aly, MA. 2018. “Hidden Kurikulum.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Islam, Muhammad Hifdil. 2021. “Hidden Curriculum Sekolah Dalam Menangkal Rasisme Keberagamaan.” Journal MULTICULTURAL of Islamic Education 5(1):439.

Lubis, Khairuddin, Dirja Hasibuan, and Tri Gunawan. n.d. “PELAKSANAAN HIDDEN CURICULUM (KURIKULUM TERSEMBUNYI) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MIS DARUL MUKHLASIN DESA SEI SIJENGGI.Pdf.”

Mansur, Amril, Samsul Nizar, and Filsafat Pendidikan Islam. 2019. “Nilai Moral Dan Etika Dalam Kurikulum.” 14(1).

Marsh, Colin. 2020. “Hidden Curriculum.” Perspectives 2(2):49–55. doi: 10.4324/9781315043272-14.

RAPHAEL, SANDRA. 2019. “Descriptive Method.” An Oak Spring Sylva 7(1):xxvii–xxviii. doi: 10.2307/j.ctvckq9v8.7.

ZAKIYAH, ELA ZAIN, SAHADI HUMAEDI, and MEILANNY BUDIARTI SANTOSO. 2017. “Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 4(2):324–30. doi: 10.24198/jppm.v4i2.14352.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Ardilla, S. P., Ningrum, I. D. R. ., Savitri, D. E., & Amalia, K. (2023). Strategi Pendidik Dalam Mengembangkan Hidden Kurikulum Secara Implisit Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Arqom. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(04), 453–463. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.584