Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Direct Instruction, dan Student Centered Learning di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Selama Masa Pandemi

Authors

  • Thomas Andre Setiawan Universitas Kristen Satya Wacana
  • Laksmi Murti Harsih Universitas Kristen Satya Wacana
  • Ummi Kultsum Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.58

Keywords:

Karakteristik, Model Pembelajaran, Student Centered Learning

Abstract

Artikel ini merupakan analisis terhadap penerapan model pembelajaran PBL di SDN Tingkir Tengah 2, Direct Instruction di SDN Kebondowo 1, dan Student Centered Learning di SD Pangudi Luhur Bernardus Semarang. Analisis yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui latar belakang pembuatan dan penerapan model pembelajaran dalam pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah 1 orang guru kelas 3 SDN Tingkir Tengah 2, 1 orang guru kelas 2 SDN Kebondowo 1, 1 orang guru kelas 5 SD Pangudi Luhur Bernardus Semarang. Hasil analisis yang diperoleh berdasarkan wawancara yang dilakukan adalah penerapan model pembelajaran PBL, Direct Instruction, Student Centered Learning tingkat efektifitasnya tergolong baik ketika diterapkan dalam pembelajaran daring.

References

Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168-174.

Hasibuan, L. R. (2019). Implementasi Peraturan Daerah Kota Medan No. 3 Tahun 2014 Tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok Pada Kota Medan. Jurnal Hukum Responsif, 7(7), 96-101.

Indrawati. 2011. Perencanaan Pembelajaran Fisika: Model-Model Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Fisika. Jember: Universitas Jember.

Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan prestasi belajar melalui model pembelajaran yang tepat pada sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01).

Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149-157.

Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model Pembelajaran Respons Verbal dalam Kemampuan Berbicara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 113-122.

Nurqomariah, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 173-179.

Trisdiono, H., & Zuwanti, I. (2017). Strategi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 95-103.

Zahriani Zahriani, “Kontektualisasi Direct Instruction Dalam Pembelajaran Sains,” Lantanida Journal2, no. 1 (2014): 95

Downloads

Published

2021-11-20

How to Cite

Setiawan, T. A., Harsih, L. M., & Kultsum, U. (2021). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning, Direct Instruction, dan Student Centered Learning di Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Selama Masa Pandemi. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 1(04), 232–238. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.58