Peran Guru dalam Mengembangkan Budaya Literasi di Madrasah Ibtidaiyah Al Fithrah Surabaya

Authors

  • Ficky Dewi Ixfina Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Surabaya
  • Lutfiyan Nurdianah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Surabaya
  • Risma Firda Diana Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fithrah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.572

Keywords:

Guru, Budaya Literasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penting guru dalam mengembangkan budaya literasi di MI Alfithrah Surabaya sekaligus untuk memahami bagaimana peran guru mempengaruhi perkembangan literasi siswa, baik dalam aspek membaca maupun menulis. Metode dalam penelitian ini Adalah jenis Kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan Teknik Observasi Partisipan, Wawancara Mendalam dan Dokumentasi. Adapun Analisi Data menggunakan tiga alur yakni reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan Hasil Penelitian peran serta guru dalam menggalakkan gerakan literasi sekolah sangat dibutuhkan karena dalam menyusun dan mewujudkan adanya gerakan literasi sekolah dibutuhkan inovasi-inovasi yang dapat dilakukan guru dalam menerapkan dan mengembangkan program terkait. Hasil penelitian ini juga menyoroti berbagai peran kunci guru dalam mempromosikan budaya literasi yang kuat. Adapun factor pendukung dan penghambat mengembangkan budaya literasi yakni dari pihak sekolah dan orang tua juga harus ikut andil dalam mendukung program-program yang telah dirancang, seperti memfasilitasi agar lingkungan sekolah menjadi lingkungan yang kondusif untuk mewujudkan gemar membaca, serta orang tua juga mendukung lingkungan di rumah agar selaras dengan program literasi yang ada di sekolah. Hasil penelitian ini memiliki implikasi dalam pengembangan kurikulum pendidikan yang lebih mendalam dalam mempertimbangkan peran guru sebagai agen utama dalam mengembangkan budaya literasi yang kuat di Madrasah.

References

Dasor, Y. W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran Guru Dalam Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 19–25.

Devega, E. (2017). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Kominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Dewi Ixfina, F., Syamsudin, S., & Lailatul Fitriani, S. (2022). Pendidikan Multikultural di Lembaga Pendidikan Islam. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 7(2), 218–232. https://doi.org/10.58788/alwijdn.v7i2.1606

Hardjianto, I. (2011). Teori Pembangunan. UB Press.

Hasni A, Witono A, & Khair B. (2022). Peran Guru Dalam Menciptakan Budaya Literasi Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Journal of Classroom Action Research, 4(3), 60–66. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i3.1893

Ikfina, F. D. (2021). Peran Tripusat Pendidikan Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama’ Kabupaten Tulungagung. BASICA: Journal of Arts and Science in Primary Education, 1(1), 41–57. https://doi.org/10.37680/basica.v1i1.758

Lubis, S. S. W. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca DLubis, S. S. W. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca Dengan Pemanfaatan Media. PIONIR JURNAL PENDIDIKAN, 9(1), 127–135.engan Pemanfaatan Media. PIONIR JURNAL PENDIDIKAN, 9(1), 127–135.

Nata, A. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Prenamedia Group.

Peraturan Pemerintah RI. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. In Zitteliana (Vol. 19, Issue 8, pp. 159–170). bisnis ritel - ekonomi

Rahman, K. (2021). Peran Guru Sebagai Pengajar Dalam Pengembangan Inovasi Pendidikan Di Era 4.0. Inovasi Pendidikan, 1(2), 1–6.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Sari, E. S., & Pujiono, S. (2017). Budaya Literasi dikalangan Mahasiswa UNY. Jurnal Litera, 16(1), 105–113.

Surya, P., Kusuma, B., & Ixfina, F. D. (2023). Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo Learning Society Berbasis Literasi Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Menuju Era 5 . 0 ( Studi Kasus di MI Riyadlotul Uqul Kediri ). 4, 213–225.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.

Suwarno, W. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Usaid. (2014). Pembelajaran Literasi Kelas Awal. Buku Sumber Bagi Dosen LPTK, 5.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Ixfina, F. D., Nurdianah, L., & Diana, R. F. (2023). Peran Guru dalam Mengembangkan Budaya Literasi di Madrasah Ibtidaiyah Al Fithrah Surabaya. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(04), 401–410. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.572