Penggunaan Artificial Intelligence Markup Language (AIML) Untuk Menganalisa Kesalahan Menulis Bahasa Arab di MTs Bilingual Batu

Authors

  • Joni Kawijaya Institut Agama Islam Darul A'mal Lampung

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i03.569

Keywords:

Aplikasi Artificial Intelligence Markup Language (AIML), Analisis Kesalahan, Menulis Terbimbing

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran bahasa karena merupakan salah satu dari empat keterampilan bahasa Arab. Peneliti menemukan masalah dalam pembelajaran menulis terbimbing di Madrasah Aliyah Bilingual Batu, yaitu bahwa siswa belum mampu menulis bahasa Arab dengan kaidah yang benar dan kurangnya waktu latihan siswa untuk melatihnya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan aplikasi yang mampu mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendesain aplikasi Artificial Intelligence Markup Language (AIML) yang membantu guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran menulis terbimbing di Madrasah Aliyah Bilingual Batu. 2) Untuk mengetahui validitas aplikasi Artificial Intelligence Markup Language (AIML) di Madrasah Aliyah Bilingual Batu. 3) Untuk mengetahui efektifitas aplikasi Artificial Intelligence Markup Language (AIML) dalam mencapai tujuan pembelajaran menulis terbimbing di Madrasah Aliyah Bilingual Batu. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, karena penelitian ini bertujuan untuk menhasilkan produk serta mengetahui tingkat validitasnya dari tenaga ahli dan tingkat keefektifan penerapannya di lapangan.Tenaga ahli dalam penelitian ini adalah seorang ahli materi di bidang bahasa Arab dan seorang ahli di bidang media. Untuk subjek tes sebanyak 45 siswa, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dokumentasi dan test. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Langkah-langkah mendesain aplikasi Artificial Intelligence Markup Language (AIML) di Madrasah Aliyah Bilingual Batu adalah: mengidentifikasi masalah dan kebutuhan, dan mendesain aplikasi yang prosesnya terdiri dari mendesain kerangka aplikasi dan mendesain data aplikasi. Adapun spesifikasi dari aplikasi Artificial Intelligence Markup Language (AIML) adalah desain antar muka, pengaturan sistem, navigasi aplikasi, dan lingkungan basis data. 2) Tingkat validitas aplikasi yang didesain untuk menganalisis kesalahan menulis terbimbing di Madrasah Aliyah Bilingual Batu dari ahli materi bahasa adalah 83% atau dengan nilai baik, dari ahli media adalah adalah 75% atau dengan nilai baik. 3) Penggunaan aplikasi Artificial Intelligence Markup Language (AIML) di Madrasah Aliyah Bilingual Batu efektif dalam membantu siswa dan guru mencapai tujuan pembelajaran menulis terbimbing yang dibuktikan dengan nilai T hitung (3.197) lebih besar daripada nilai T tabel (2.021) pada tingkat signifikansi 5% dan nilai N-gain (0.46), hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima.

References

Abduh, al-Rajihi. (1995). Ilm Al-Lughah al-Tathbiqy Wa Ta’lim al-Lughah al-’Arabiyyah. Riyadh: Jami’ah al-Imam Muhammad Sa’ud al-Islamiyyah

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwary, Fajrin., Indriani, Fatma., Nugrahadi, Dodon Turianto.,(2016). “Question Answering System Berbasis Artificial Intelligence Markup Language Sebagai Media Informasi,” Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer (KLIK), vol. 04, no. 01

Christianto, David., Siswanto, Elisafina., Chaniago, Ria. (2016). Penggunaan Name Entity Recognition dan Artificial Intelligence Markup Language untuk Penerapan Chatbot Berbasis Teks. Bandung: Faculty of Informatics Engineering, Institut Teknologi Harapan Bangsa Bandung. Jurnal Telematika. vol. 10, no. 2

D. Dharani, Rinkal., and Suthar, A.C. (2016). Integration of AIML Chatter Bot for News Application On Whatsapp. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET). vol. 03, Issue. 05

Dullay, Heidi., Burt, Marina., Krashen, Stephen. (1982). Language Two. Britania Raya: Oxford University Press.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Kawijaya, J. (2023). Penggunaan Artificial Intelligence Markup Language (AIML) Untuk Menganalisa Kesalahan Menulis Bahasa Arab di MTs Bilingual Batu. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(03), 352–362. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i03.569