Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pangkur Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i03.567Keywords:
PBL, Prestasi Belajar, Ketuntasan KlasikalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan prestasi belajar materi bangun datar siswa kelas VII SMP, menggunakan model PTK dengan prosedur meliputi, perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi, dilakukan sebanyak 3 siklus. Penentuan subyek penelitian berdasarkan daftar nilai, observasi dan pretest ketika pra siklus. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan metode tes berupa post test yang dilakukan setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran PBL mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Jumlah siswa yang tuntas yang semula 15 siswa pada siklus I meningkat menjadi 24 siswa pada siklus II sehingga ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan yang semula 55,56% pada siklus I meningkat menjadi 88,89% pada siklus II. Sedangkan prestasi belajar siswa materi bangun datar berdasarkan prosentase ketuntasan klasikal, pada siklus II telah tercapai dan melebihi target yaitu 75% dari jumlah siswa, tuntas mencapai KKM = 70.
References
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asri, D. N., et al. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Madiun: IKIP PGRI Madiun.
Djamarah, S. B. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Huda, M. 2011. Cooperative Learning Metode, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Saefuddin, A. dan Berdiati, I. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, W. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.