Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Kearifan Lokal pada Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 di Kelas V SD Negeri 1 Dukuhwaluh

Authors

  • Rahiima Mulia Asih Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Aji Heru Muslim Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i03.557

Keywords:

Media Pembelajaran, Ular Tangga, Kearifan Lokal

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Research and Development yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran ular tangga dengan memadukan nilai-nilai kearifan lokal untuk siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Dukuhwaluh dan melibatkan seorang guru dan 16 siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengembangan media pembelajaran ular tangga berbasis kearifan lokal menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar angket. Analisis data penelitian ini menggunakan penilaian rating scale. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ular tangga berbasis kearifan lokal pada tema 3 subtema 2 pembelajaran 4 didalamnya memuat kuis dan gambar kearifan lokal yang telah disesuaikan dengan materi pembelajaran. Media pembelajaran ular tangga berbasis kearifan lokal yang telah dikembangnya memiliki perbedaan dengan media pembelajaran yang lainnya. Hal tersebut dapat dilihat pada tata cara permainan. Kelayakan produk media pembelajaran ular tangga berbasis kearifan lokal ini memperoleh penilaian dari validasi ahli media dengan skor sebanyak 4,5≈90% dan hasil penilaian dari validasi ahli materi mendapatkan skor sebanyak 4,0≈80% . Hasil penilaian kedua validasi tersebut dapat dikategorikan sebagai kriteria “Sangat Valid”. Kepraktisan produk media pembelajaran ular tangga berbasis kearifan lokal diperoleh dari penilaian angket respon guru dengan skor sebanyak 4,42≈88,42% dan masuk kedalam kategori “Sangat Baik”. Hasil penilaian angket respon siswa dengan skor nilai sebanyak 95,83% dan termasuk kedalam kategori “Sangat Menarik” sehingga dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran ular tangga berbasis kearifan lokal ini praktis dan mudah untuk digunakan pada proses pembelajaran dikelas.

References

Alwi, S. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. In Problematika Guru dalam Media Itqan (Vol. 8, Issue 2).

Bulkani., Fatchurahman, M., Adella, H., Andi Setiawan, M. (2022). Development of Animation Learning Media Based on Local Wisdom to Improve Student Learning Outcomes in Elementary Schools. International Journal of Instruction, 15(1).

Chabib, Moch. D. E. Tri. K. D. (2017). Evektititas Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Sebagai Sarana Belajar Tematik SD. Jurnal Pendidikan, 2.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran (R. Jennah, Ed.). Banjarmasin. Antasari Press.

Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Pelatihan, 3(1).

Latif, Mukhtar. Zukhairina. Z. Rita. A. M. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan aplikasi. Jakarta. Kencana Prenada Group.

Maulidta, Hidayatul, S, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Pembelajaran menulis Teks Eksposisi Siswa kelas III SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, landasan, fungsi, manfaat, jenis-jenis media pembelajaran dan cara penggunaan kedudukan media pembelajaran. CV Jejak, anggota IKAPI.

Pingge, H. D. (2017). Kearifan lokal dan Penerapannya di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba, 1.

Purwanto, Yulis. R. S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Konstektual Pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4.

Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam, 14.

Riduwan. (2011). Dasar-dasar Statistika. Bandung. Alfabeta.

Setyaningrum, N. D. B. (2018). Budaya Lokal di Era Global. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Karya Seni, 20.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Wati, A. (2021). Pengembangan Media Permainan ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Asih, R. M., & Muslim, A. H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Kearifan Lokal pada Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 4 di Kelas V SD Negeri 1 Dukuhwaluh. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(03), 330–341. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i03.557