Perbandingan Penggunaan Media Pembelajaran Poster dan Buku Saku Terhadap Hasil Belajar Sanitasi Hygiene Kelas X Tata Boga
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i03.553Keywords:
media poster, media buku saku, hasil belajar, sanitasi hygieneAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan penggunaan media pembelajaran poster dan buku saku terhadap hasil belajar sanitasi hygiene. Metode penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas SMKN 1 Sewon. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, Thitung<Ttabel menunjukkan terdapat perbandingan penggunaan media pembelajaran poster dan buku saku terhadap hasil belajar sanitasi hygiene. Hal ini dilihat dari data hasil hipotesis diperoleh nilai signifikasi 0,04, oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima. Dari kedua media tersebut hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 2 menggunakan media buku saku lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 1 menggunakan media poster. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat perbandingan penggunaan media pembelajaran poster dan buku saku terhadap hasil belajar sanitasi hygiene kelas X tata boga.
References
Caesar, D. L., & Prasetya, B. A. (2020). Efektivitas Media Poster Dalam Meningkatkan Pengetahuan Sanitasi Dasar di SDN 01 Wonocoso. 6(1), 83–91.
Hidayati, N., Sulistyani, D., & Rahardjo, D. T. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Menggunakan Media Pocket Book Dan Tanpa Pocket Book Pada. 1(1), 164–172.
Megawati. (2017). Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris. Getsempena English Education Journal, 4(2), 101–117. https://media.neliti.com/media/publications/217637-pengaruh-media-poster-terhadap-hasil-bel.pdf
Purnamasari, T., Yulianti, Y., & Kandriasari, A. (2022). Garnish : Jurnal Pendidikan Tata Boga Pengembangan Buku Saku Personal Hygiene dalam Laboratorium Pengolahan. 6(1).
Rahmaniati, R. (2015). Penggunaan Media Poster untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas VB SDN 6 Langkai Palangka Raya. Hasil Belajar IPA, Media Poster, 10(2), 59–64.
Situngkir, W., Sinaga, C. V., & Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 2 Subtema 2 Kelas IV SD Negeri No. 124386 Jl. Pisang. 10(2), 199–207. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/pedagogikavol10issue2year2022
Susilo, P. A., & Pramono, H. S. (2014). Peningkatan Kompetensi Prinsip Dasar Kelistrikan dan Konversi Energi Dengan Model Mind Mapping Berbasis Multimedia Pada Siswa Kelas X SMKN 2 Wonosari. 4(3), 216–224.
Trisianawati, E., Djudin, T., & Katihada, T. (2017). Penyediaan Bahan Bacaan Berupa Buku Saku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 5 Monterado. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 219–229.
Wulandari, S. Y., & Yeni, L. F. (2020). Pengaruh STAD Berbantuan Buku Saku Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 1 Pontianak. 8(1), 24–34. https://doi.org/10.25273/jems.v8i1.5779
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.