Pemanfaatan Metode Fun Teaching untuk Siswa SD/MI dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Authors

  • Putri Handayani Universitas Negeri Semarang
  • Lesta Septia Sari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Jonata Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.55

Keywords:

Metode Fun Teaching, Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Abstract

Pendidikan adalah hak semua anak. Pendidikan adalah sebuah proses kegiatan untuk membantu manusia dalam mengembangkan potensi dirinya. Pendidikan sebagai suatu bidang keilmuan yang merupakan sebuah disiplin ilmu. Namun saat ini, proses pembelajaran berubah drastis. Dari pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 yakni pembelajaran adaptasi kebiasaan baru (New Normal). Menurut data yang didapat dari Compas.com, Pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring dan luring untuk adaptasi kebiasaaan baru. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Satuan Tugas Nasional Covid-19 serta sejumlah kementrian terkait mengumumkan bahwa sekolah di zona merah melakukan pembelajaran secara daring, dan sekolah zona hijau dan kuning kini boleh melakukan pembelajaran tatapmuka di sekolah. Sekolah tatap muka di zona hijau dan kuning harus melalui protokol kesehatan yang ketat. Untuk satuan pendidikan dari jenjang SD-SMA dan SMK, tatap muka dilaksanakan dengan jumlah peserta didik sebanyak 30-50 persen dari kapasitas kelas. Waktu pembelajaran yang biasanya 5 X 35 menit kini berubah menjadi 2 X 30 menit sehari. Untuk hal tersebut, metode fun teaching adalah salah satu alternative penyelesaiaan masalah tersebut.

References

Asih Widi Wisudawati & Eka Sulistyowati. 2017. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Darmansyah. 2011. Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Daryanto & Syaiful Karim. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: PENERBIT GAVA MEDIA.

Herlina Oktavia. 2017. “Penggunaan Metode Fun Teaching Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran IPS Di SDN 1 Sumberejo Kotagajah Tahun Pelajaran 2016/2017”, Skripsi, tidak diterbitkan. Metro: IAIN Metro.

Irjus Indrawan, dkk. 2020. E-book Pembelajaran di Era New Normal. Jawa Tengah: CV Pena Persada. Isriani.

Hardini & Dewi Puspitasari. 2017. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, & Implementasi). Yogyakarta: FAMILIA (Group Relasi Inti Media).

Jasa Unggul Muliawan. 2017. 45 Model Pembelajaran Spektakuler (Buku Pegangan Teknis Pembelajaran di Sekolah). Yogyakarta: AR- RUZZ MEDIA.

Khanifatul. 2013. Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR- RUZZ MEDIA Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri. 2020. E-book Buku Saku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran 2020/2021 di Masa Pandemi Coronavirus Disiase 2019 (COVID-19). Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri dalam Negeri.

Miftahul Huda. 2017. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Ulin Nuha. 2016. Ragam Metodologi & Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : DIVA Pres. Waini Rasyidin.2014. Pedagogik Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-11-20

How to Cite

Handayani, P., Sari, L. S., & Jonata, J. (2021). Pemanfaatan Metode Fun Teaching untuk Siswa SD/MI dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 1(04), 300–308. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.55