Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Audiovisual Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV MI NU Islamiyah Kaliwungu Kudus
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i03.533Keywords:
Discovery Learning, Audiovisual, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana penerapan, 2) faktor pendukung dan penghambat, 3) keberhasilan dari penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan Audiovisual pada pembelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1) penerapan model pembelajaran yang dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. 2) faktor pendukung yaitu a) kondisi fisik dan kesehatan siswa, b) siswa memiliki minat dan motivasi belajar tinggi, c) keaktifan peserta didik, d) siswa memperhatikan penjelasan dan arahan guru, e) tenaga pendidik, e)tenaga pendidik, f) sarana dan prasarana yang memadai, g) adanya kerjasama antar guru dengan orang tua siswa. dan penghambat a) kurangnya kesadaran siswa, b) sumber belajar yang belum lengap. Dengan adanya penerapan model pembelajaran dengan berbantuan media pembelajaran tersebut akan dapat membantu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, siswa terlihat tertarik, berminat tinggi, dan selalu terlihat senang dalam proses pembelajaran.
References
Ahlaro, Steven Ronald. (2020). Kriteria Metode Pembelajaran Yang Baik Dan Efektif. Jurnal Masalah Pastoral. 8 (1), 16–29. http://ojs.stkyakobus.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/78.
Asyafah, Abas. (2019). Menimbang Model Pembelajaran ( Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam ). Tarbawy Indonesia Journal Of Islamic Education, 6 (1), 19–32.
Dian, Novika, Pancasari Gabriela. (2021). Program Studi Pgsd, Universitas Kristen, and Satya Wacana, 2 (1), 104–13.
FAJRI, ZAENOL. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD). UNARS, 7 (2),1. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v7i2.478.
Fauzi, Ahmad, Baiatun Nisa, Darmawan Napitupulu, Fitri Abdillah, A A Gde Satia Utama, Candra Zonyfar, Rini Nuraini, et al. (2022). Metodologi Penelitian. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, Vol. 3. BUKU-Metodologi-Penelitian---cover.pdf.https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/345235/
Hidayat, Ahmad. (2019). Kepimpinan Visioner Kepala Madrasah Di MA Miftahussalam Wonossalam Demak,1–23.
Khoerunnisa, Putri, Syifa Masyhuril Aqwal, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 4 (1), 27.
Kusumastuti, Nusandari. (2022). Penerapan Metode Discovery Learning Sebagai Cara Sudut Rangkap Materi Trigonometri SMA Negeri 1 Lawang. Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 4 (2), 159–68.
Kuswandari, Agnes Puspita Lukis. (2017). Faktor-Faktor Penghambat Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Bermain Pianika Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara.
Moto, Maklonia Meling. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3 (1), 20–28.
Nichen Irma Cintia, Firosalia Kristin, Indri Anugraheni, Satya Wacana.(2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32 (1), 69–77.
Novita, Lina, Elly Sukmanasa, and Mahesa Yudi stira Pratama. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD, 3 (2), 64–72.
Renna, Hendrik Ryan Puan. (2022). Konsep Pendidikan Menurut John Locke Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Sekolah Dasar Di Wilayah Pedalaman Papua. Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar , 4 (1), 7–16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1698.
Ricky, Mhd, and Fadil Sihombing. (2021). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran, 1 (4).
Rijali, Ahmad. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah Jurnal Ilmu Dakwah 17 (33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.
Rosmita Sari Siregar (2021). Dasar-Dasar Pendidikan.
Siti Julaeha, Mohamad Erihardiana. (2022). Model Pembelajaran Dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam Dan Pendidikan Nasional. Religion Education Sosial Laa Roiba Journal, 4 (1), 133–44. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i1.449.
Tayeb, Thamrin. (2017). Analisis Dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam ,4 (02), 48–55.
Ummul Khair. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) Di SD Dan MI AR-RIAYAH. Jurnal Pendidikan Dasar ,2 (1), 81.
UU RI No. 20 Tahun 2003, (2023) Sisdiknas.Zitteliana 19 (8): 159–70. bisnis ritel - ekonomi.
Widyatnyana, Kadek Nara, and Wayan Rasna. (2021). Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10 (2), 230–31. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/695.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.