Model Problem Based Learning Berbantuan Garis Bilangan Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar

Authors

  • Aini Nurfaizah Universitas Sanata Dharma
  • Luisa Diana Handoyo Universitas Sanata Dharma
  • Ridwan Rahadiyanto SD Kanisius Kembaran

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i03.496

Keywords:

Hasil Belajar, Komunikasi Matematis, Model PBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan komunikasi matematis dan hasil belajar matematika pengurangan peserta didik kelas I SD Kanisius Kembaran melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan garis bilangan. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian kelas I SD Kanisius Kembaran tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 15 peserta didik. Teknik Pengumpulan data observasi dan tes. Analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian menunjukkan peningkatan hasil observasi komunikasi matematis rata-rata klasikal prasiklus 20% menjadi 68% pada siklus I dan meningkat menjadi 97% pada siklus II. Terdapat peningkatan hasil belajar matematika pengurangan rata-rata klasikal prasiklus 40% meningkat 67% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan model Problem Based Learning berbantuan garis bilangan dapat meningkatkan komunikasi matematis dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran matematika pengurangan kelas I SD Kanisius Kembaran.

References

Adha, S., Baharuddin, P., & Akina. (2014). Penggunaan Garis Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas V SD Inpres 3 Besusu. Elementary School of Education E-Journal, 2(1), 18–22.

Aldi, P. W., & Muhammad, Y. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Peserta Didik Dengan Model Problem Based Learning pada Materi SPLDV. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3, 61–72.

Andhani, N., & Epon, N. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pengurangan Bilangan Bulat melalui Alat Peraga Papan Garis Bilangan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1–8.

Aras, I., Hermansyah, H., & Darmayasa, J. B. (2021). Pembelajaran Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Garis Bilangan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9(1), 13–28. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v9i1.1339

Ariani, D. N. (2017). Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD/ MI. Muamullimuna, 3(1), 96–107. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/958

Ayu, W., Citra, W., & Agus, S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 230–239. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i2.36088

Dede, S. N., & Nur, A. A. (2020). Penggunaan Media Garis Bilangan dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didactical Mathematics, 2(3), 54–61.

Eka, E., Henny, D. K., & Elvira, H. R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78. https://doi.org/https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694

Hadist, A. F. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(April), 40–47.

Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus Dan Balok. Prisma, 8(1), 68. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.648

Indra, N., Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Fakhrurrazi, Khermarinah, & Mulasi, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. In CV Adanu Abimata.

Irma, S., Santoso, & Himmatul, U. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2240–2246.

Kumala, A. J., S B, W., & B, S. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 410–415.

Marfu’ah, S., Zaenuri, Masrukan, & Walid. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 5, 50–54. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (H. V. Gunawan Cakti, Ni’mah Komsatun (ed.); 1st ed., Issue January). CV. IRDH. https://www.researchgate.net/profile/Mohammad-Maulyda/publication/338819078_Paradigma_Pembelajaran_Matematika_Berbasis_NCTM/links/5e2bf155299bf152167b3c90/Paradigma-Pembelajaran-Matematika-Berbasis-NCTM.pdf

Megayani, W., Pranata, O. H., & Kusdiana, A. (2019). Pengaruh Peraga Garis Bilangan Terhadap Pemahaman Siswa SD Tentang Operasi Pengurangan Bilangan Bulat Negatif. EduBasic Jurnal : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 123–133.

Nova, D. E., & Utari, D. (2016). Pengembangan Media Board Game Garis Bilangan Materi Bilangan Bulat Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Ngampelsari Candi Sidoarjo. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 1–12.

Oswaldinsiana, K., Sumadji, & Vivi, S. (2019). Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(4), 29–36. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i4.3649

Putri, R., Ratnasari, T., Trimadani, D., Halimatussakdiah, Husna, E., & Yulianti, W. (2022). Pentingnya Keterampilan Abad 21 Dalam Pembelajaran Matematika. SICEDU : Science and Education Journal, 1(2), 449–459. https://sicedu.org/index.php/sicedu/article/download/64/58

Rahmawati, A., Cholily, Y. M., & Zukhrufurrohmah, Z. (2023). Analyzing Students’ Mathematical Communication Ability in Solving Numerical Literacy Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 59–70. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.1938

Retno, K. N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Problem Based Learning berbasis Flexible Mathematical Thinking. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 213–222.

Santi, L., Siti, M., & Ika, O. (2023). Model Problem Based Learning Berbantuan Diorama Bulusan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV. JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 2019, 90–97.

Supari. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 6 “Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri” Kelas 1 Di SDN Sumberarum 1 Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(01), 11–15.

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Model Peoblem Based Learning (PBL). In R. Herlambang & F. S. Nurul (Eds.), Deepublish Publisher (1st ed.). Deepublish Publisher. http://eprints.unm.ac.id/9011/1/Buku Model Problem Based Learning_Watermark.pdf

Syarifatu, Z., Badarudin, & Karma, I. E. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Literasi Matematis. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 131–140. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/24242

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

Nurfaizah, A., Handoyo, L. D., & Rahadiyanto, R. (2023). Model Problem Based Learning Berbantuan Garis Bilangan Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Hasil Belajar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(03), 312–320. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i03.496