Implementasi Metode STEAM Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Alpha Omega School
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.44Keywords:
Metode STEAM, Mandiri, Anak Usia DiniAbstract
Pendidikan anak usia dini (PAUD) semakin berkembang dari waktu ke waktu, sebagian besar keberhasilan pembelajaran di tentukan oleh pendidik dengan menggunakan metode-metode yang berpusat pada anak (Student-centered learning). Salah satu metode pembelajaran bermuatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan Math). Penerapan metode bermuatan STEAM memberikan waktu untuk anak usia dini berfikir lebih luas dalam pemecahan masalah Ketika aktifitas pembelajaran berlangsung, dimana anak-anak memiliki pengalaman-pengalaman belajar yang bermakna melalui lingkungan sekitar. Metode STEAM sangat bermanfaat bagi anak usia dini karena dapat menimbulkan imajinasi-imajinasi alamiah dari proses pengamatan langsung dan menambah pengetahuan anak serta akan lebih kreatif. Tujuan dari penerapan metode bermuatan STEAM adalah menghasilkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan mengembangkan daya nalar serta kemandirian anak melalui kegiatan proses pembelajaran. Dalam hal ini pendidik sebagai fasilitator untuk mengembangkan dan menerapkan metode STEAM serta mengesplorasi anak untuk memenuhi rasa keingintahunnya juga melakukan pembisaan-pembiasaan guna melatih kemndiriannya.
References
Afrizal, 2014. Metode Penelitian kualitatif : Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu, Jakarta: Rajawali Pers.
Ardianti, Marmawi R, Lukmanulhakim, 2016. Peran Guru Dalam Penanaman Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mazmur 21 Pontianak Selatan, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Untan Pontianak, Vol. 5 No.8.
Haifaturarrahman, Roni Hidayatullah, Sri Maryani, Nurmiawati, 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian. Universitas Mataram.
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasanah, Luthfiyatul. 2016. Pengembangan Modul berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics)-Based Early Childhood Learning in Semarang City. Jurnal Ceria,5(2) dari https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/download/3400/pdf.diakses pada tanggal 12 November 2019, pukul 19.31. WIB.
Himpunan Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Bandung: Nuasa Aulia, 2005.
Komala. 2015. Mengenal Dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua dan Guru, PG PAUD STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 1 No. 1.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.
Permanasari, A. 2016. STEAM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains,. Seminar Nasional Pendidikan Sains: Peningkatan Kualitas PembelajaranSains dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian dan Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 23-31 hlm. (Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/9810), diakses Januari 2019.
Redhana, I W 201`0. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Peta Argumen terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 43 (17), 141-148 hlm. (Online), (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPP/article/view/1721), diakses Januari 2019.
Sadiah. N.H., & Lestari., R.H. (2020). Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran STEAM. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) ISSN: 2614-6347, Vol.3. No. 3. Mei 2020.
Septiani, A. 2016. Penerapan Asesmen Kinerja dalam Pendekatan STEAM (Sains, Teknologi, Enginering, Matetatika) untuk Mengungkap Keterampilan Proses Sains. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan dan Saintek Isu-isu Kontemporer Sains, Lingkungan, dan Inovasi Pembelajarannya. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, 654-659.
Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Winda Gunarti, Lilis Sryani, & Azizah Muis. 2014. Metode Pengembangan Prilaku Dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.