Efektivitas Metode Pembelajaran Sorogan Pada Pembelajaran Hidayatus Shibyan Santri Madrasah Diniyah Kelas 1 Nurul Jadid Blumbang Pragaan Daya Sumenep

Authors

  • Faizun Najah Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep
  • Ach Murajiz Bashri Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.408

Keywords:

Metode Sorogan, Hidayatus Shibyan, Efektivitas

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang masalah yaitu masih terdapat beberapa santri yang mengikuti pembelajaran kitab Hidayatus Shibyan dengan menggunakan metode sorogan namun masih belum maksimal dalam memahami isi kitabnya. bacaan kitabnya sudah baik namun tidak mengetahui kedudukan tajwid dalam Al-Qur’an. Padahal metode sorogan adalah metode yang efektif karena Ustadz/Kyai dapat berhadapan langsung berhadapan langsung dengan murid atau santri Melalui sorogan, perkembangan intelektual santri dapat di ketahui oleh Asatidz secara utuh dan dapat memberikan bimbingan penuh kejiawaan sehingga dapat memberi tekanan pengajaran kepada santri tertentu atas dasar observasi langsung terhadap tingkat kemampuan dasar dan kapasitas para santri. Dengan metode sorogan, pembelajaran santri untuk memahami kitab lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran sorogan pada pembelajaran hidayatus shibyan santri madrasah diniyah Nurul Jadid Blumbang Pragaan Sumenep. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu kualitatif, dengan responden  kepala sekolah Madrasah Diniyah, Guru mata pelajaran dan santri. Dengan menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas penggunaan metode pembelajaran sorogan dalam pembelajaran kitab hidayatus shibyan, dengan metode sorogan santri lebih fokus, karena santri akan berhadapan langsung dengan guru mata pelajarannya. Santri lebih faham atau mengerti akan pelajaran, karena setiap salah pengertian dalam pelajaran akan langsung difahamkan oleh guru mata pelajaran. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat strategi yang diterapkan guru madin dalam meningkatkan kemampuan pemahaman tajwid siswa adalah datang dari siswanya sendiri misalnya keaktifan siswa pada saat pembelajaran dilaksanakan sehingga mereka lebih disiplin mengikuti proses pembelajaran, begitu juga sebaliknya jika siswa kelelahan biasanya siswa pasif dalam proses pembelajaran.

References

Abd Rahman. (T.T.). Guru Mata Pelajaran Hidayatus Shibyan Di Madrasah Diniyah Nurul Jadid Blumbang Pragaan Sumenep (23 01 2022.).

Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1), Art. 1. Https://Alhikmah.Stit-Alhikmahwk.Ac.Id/Index.Php/Awk/Article/View/16

Asfi Manzilati. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, Dan Aplikasi. Universitas Brawijaya Press.

Iys Nur Handayani. (2019). Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Pada Anak. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(2).

Lia Nurjanah. (2018). Efektivitas Penerapan Metode Sorogan Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Kuning Di Pondok Pesantrenal-Hikmah Kedaton Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Muhammad Jabir Wahyu. (2020). Efektivitas Metode Sorogan Terhadap Pembelajaran Nahwu Di Pondok Pesantren Raudhatul Mustofah Lilkhairat. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1).

Muhammad Sarbini. (2019). Implementasi Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Pada Santri Tingkat Wustho Di Pondok Pesantren Al-Muslimun Desa Hegarmanah Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur. Jurnal Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam.

Mu’izzuddin, M., Juhji, J., & Hasbullah, H. (2019). Implementasi Metode Sorogan Dan Bandungan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning. Geneologi Pai: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), Art. 1. Https://Doi.Org/10.32678/Geneologipai.V6i1.1942.

Downloads

Published

2023-02-19

How to Cite

Najah, F., & Bashri, A. M. (2023). Efektivitas Metode Pembelajaran Sorogan Pada Pembelajaran Hidayatus Shibyan Santri Madrasah Diniyah Kelas 1 Nurul Jadid Blumbang Pragaan Daya Sumenep. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(01), 66–73. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.408