Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Portal Rumah Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 2 Palembang

Authors

  • Yuriza Maulidia Universitas Sriwijaya
  • Hudaidah Hudaidah Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.396

Keywords:

Media Pembelajaran, Canva, Portal Rumah Belajar, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis web untuk peserta didik agar mampu memahami pelajaran sejarah khususnya tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Pengembangan media pembelajaran berbasis Canva materi sejarah kemerdekaan Indonesia, didasari oleh pembelajaran yang hanya menggunakan satu jenis media saja hal ini membuat peserta didik menjadi jenuh. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Palembang pada tanggal 20 September 2022. Media ini dikembangkan menggunakan aplikasi editor Canva dengan jenis media berupa audio visual yang kemudian di unggah pada laman Portal Rumah Belajar. Adapun pada uji validasi yang dilakukan oleh validator ahli menunjukkan hasil penilaian sangat baik, dengan begitu media pembelajaran ini dinyatakan layak untuk di uji cobakan kepada peserta didik. Hasil uji coba yang dilakukan kepada peserta didik menunjukkan peningkatan motivasi serta hasil belajar yang sangat baik.

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Benny A. Pribadi. 2009. Model-Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PPS-UNJ

Borg, W. R. and M. D. Gall. (1989). Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York and London: Longman

Effendi, H., & Hendriyani, Y. 2018. Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall.

Kemendikbud. 2017. Pedoman pemanfaatan portal rumah belajar. Jakarta: Kemendikbud

Suryadi, A. 2020. Teknologi dan media pembelajaran. Bandung: CV Jejak.

Oktivianto, Orchidta., Hudaidah., & Alian. 2018. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Film Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pelajaran Sejarah Materi Perang Palembang Kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Pendidikan Volume 3 Nomor 2

Pelangi, Garris. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2

Permata, V. J., 7 Dhoehaeni, H. 2020. Rumah Belajar as Online Learning Model for Early Childhood Education. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 538, 317-318.Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Rahmatullah, dkk. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol 12, No 2

Suryadi, A. 2020. Teknologi dan media pembelajaran. Bandung: CV Jejak.

Downloads

Published

2023-02-19

How to Cite

Maulidia, Y., & Hudaidah, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Portal Rumah Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 2 Palembang. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(01), 59–65. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.396