Dimensi Keberagamaan dalam Pendidikan

Authors

  • Aris Rahman Saleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.327

Keywords:

Dimensi keberagamaan, Pendidikan

Abstract

Keberagamaan di dalam kehidupan individu berperan sebagai suatu sistem nilai mengenai aturan-aturan tertentu. Dilihat secara umum bahwa aturan-aturan tersebut menjadi pedoman untuk bersikap dan bertingkah laku. Dalam dunia pendidikan dimensi kebergamaan perlu dipahami oleh guru dan peserta didik. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengetahui terkait ruang lingkup dimensi keberagamaan dalam pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode pengumpulan data adalah studi pustaka. Data yang diperoleh dikompulasi, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan mengenai studi literatur mengenai dimensi keberagamaan. Hasil dari penelitian adalah untuk mengetahui ruang dimensi keberagamaan. Diantaranya pengertian dimensi keberagamaan, macam-macam dimensi keberagamaan, perspektif Islam tentang keberagamaan, dan hubungan antar dimensi keberagamaaan. Dimensi keberagamaan adalah seluruh aspek atau sisi kehidupan manusia yang dalam menjalani kehidupannya didasarkan pada aturan-aturan atau nash dalam sebuah agama, yang berfungsi untuk mengikat dan mengutuhkan diri seseorang atau sekelompok orang dalam hubungannya terhadap Tuhan, semua manusia serta alam sekitarnya. Pengembangan dimensi keberagamaan menjadi tujuan inti yang harus dicapai dalam pendidikan. Hal ini dikarenakan pada dasarnya tujuan pendidikan Indonesia yang  teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

References

Al-Qaradhawi, Y. (2005). Ibadah Dalam Islam. Jakarta: Akabr.

Ayubi, S. A. (2009). Agama & Budaya. Banten: FUUD Press.

Crapps, R. W. (1993). Dialog Psikologi dan Agama. Yogyakarta: Kanisius.

Djamaludin Ancok, F. N. (2000). Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jalaludin. (2015). Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mawardi, U. M. (2014). Teologi Islam. Serang: FUD Press.

Munir, A. (2010). Teologi Dinamis, . Yogyakarta: STAIN Po Press.

Nata, A. (2013). Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Risnawinta, M. N. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media.

Rukmana, N. (2006). Meraih Sukses Dan Kebahagiaan Hidup . Bandung: Alfabeta.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Suroso, D. A. (1994). Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Thouless, R. H. (1992). Pengantar Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali.

Umami, Ida. (2015). “Pengembangan Dimensi Kemanusiaan dalam Pendidikan Islam”. Jurnal Didaktika Religia Vol. 3, No. 2.

Wahab, R. (2015). Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Saleh, A. R. (2022). Dimensi Keberagamaan dalam Pendidikan. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), 580–590. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.327