Pengembangan Buku Digital Berbasis Inkuiri Pada Muatan IPA Materi Listrik Di SDN Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.310Keywords:
buku digital, inquiry, IPAAbstract
Implementasi pembelajaran IPA masih jauh dari ketercapaian tujuan pembelajaran yang disebabkan rendahnya tingkat motivasi siswa dalam belajar IPA, pemilihan bahan ajar juga berpengaruh dalam proses pembelajaran. Kurangnya literasi menyebabkan siswa sulit untuk memahami materi yang diajarkan oleh guru, hal tersebut dikarenakan tampilan buku yang membuat bosan terlebih buku yang hanya berwarna hitam putih. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk, mendeskripsikan kelayakan, dan kepraktisan buku digital berbasis inkuiri muatan IPA materi listrik di SDN Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan ADDIE. Pada penelitian dan pengembangan buku digital berbasis inkuiri ini menggunakan teknik analisis data yang peneliti lakukan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Buku digital berbasis inkuiri memenuhi kriteria: a) uji kelayakan memperoleh kategori “sangat layak” dengan perolehan persentase oleh ahli media 90,8%, ahli materi 82,2%, dan ahli bahasa 75%, ; b) uji kepraktisan memperoleh kategori “sangat praktis” dengan hasil penilaian angket guru 95,1% dan hasil penilaian angket siswa 98%.
References
Anggraeni, R.D. & Kustijono, R. 2013. Pengembangan media animasi fisika pada materi cahaya dengan aplikasi flash berbasis android. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya, 3(1):1-18
Aprilia, T., Sunardi, & Djono. (2017). Prosiding Seminar Pendidikan Nasional Pemanfaatan Medasis Kontekstual dalam Pembelajaran IPA Prosiding Seminar Pendidikan Naia Buku Digital berbsional. 195–206.
Ardiansah, F., & Miftakhi, D. R. (2020). Pengembangan Buku Ajar Dengan Model Addie Pada Mata Kuliah Manajemen Teknologi Pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Afni, N., Wahid, A., Hastati, S., Jumrah, A. M., & Mursidin, M. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 Di SD Negeri 126 Borong Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Madaniya, 2(2), 137– 142.
Bandarsyah, D. (2019). Tantangan Pendidikan Era Digital.Geotimes.
Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenuddin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Al Ibtida, 3 (1), 116-137
Driyani, Dewi. (2018). “Perancangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar Berbasis Android Menggunakan Metode Rekayasa Perangkat Lunak Air Terjun (Waterfall).” STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi) 3 (1): 35. https://doi.org/10.30998/string.v3i1.2725.
Ervhy Indra Puspita, Tin Rustini, Dinie Anggraeni Dewi. (2021). Rancang bangun media e-book flipbook interaktif pada materi interaksi manusia dengan lingkungannya sekolah dasar, Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Fadhilaturrahmi, Ananda, R., & Yolanda, S. (2021). Pengembangan E-Book Cerita Bergambar Proses Terjadinya Hujan untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Febrianti, F. (2021). Pengembangan Digital Book berbasis flip PDF professional untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. jurnal.ugj.ac.id, 4(2), 102–115. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Caruban/article/view/5354
Hilda Karli & Margaretha Sri Yuliariatiningsih. (2002). Implementasi kurikulum berbasis kompetensi: Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bina Media Informasi
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Journal of Education Action Research, 1(2), 122. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045
Kartikasari, G. 2016. Pengaruh media pembelajaran berbasis multimedia terhadap motivasi dan hasil belajar materi sistem pencernaan manusia (studi eksperimen pada siswa kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo). Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1):59-77.
Krueger, R. F., & Kling, K. C. (2004). Self-report. Encyclopedia of Psychology, Vol. 7., 220–224. https://doi.org/10.1037/10522-098
Kumala, F. N. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 8, Issue 9).
Lusidawaty, Vivi, Yanti Fitria, Yalvema Miaz, and Ahmad Zikri. (2020). “Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4 (1): 168–74. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333.
Munir (2012). Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Muttaqiin, A., Putri, R. E., Sari, M. P., & Oktaviani, R. (2019). Urgensi Buku Digital pada Konten IPA Terpadu. Jurnal SEMESTA Pendidikan IPA, 2(1), 37–40. http://semesta.ppj.unp.ac.id/index.php/semesta/article/view/41/12
Nindiawati, D., Subandowo, M., & Rusmawati, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 140–150. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p140
Nurul apsari, sastiawati sastiawati. (2021). Kemampuan kognitif, afektif dan Psikomotorik siswa sekolah dasar pada Pembelajaran ipa menggunakan Metode inkuiri, Jurnal Pendidikan Dasar
Nurhadi, Moch, Sri Surachmi W, and Sri Utaminingsih. 2020. “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Di Kelas Vi Sekolah Dasar.” VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin 2 (1): 44. https://doi.org/10.35799/vivabio.2.1.2020.28804
Noviyanti, Silvina, and Hamidi Hamidi. 2019. “Pengembangan Media Miniatur Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4 (2): 220–31. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.8454.
Panjaitan, R.G.P., Wahyuni, E.S., & Mega. 2019c. Film dokumenter sebagai media pembelajaran submateri zat aditif. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2):52-59
Peña-Ayala, A. (2021). A Learning Design Cooperative Framework To Instill 21st Century Education.Telematics And Informatics, 62(May), 1–16.
Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi aspek dan arah perkembangan riset. J@ Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17–26
Raisa, S., Adlim, & Safitri, R. 2017. Respon peserta didik terhadap pengembangan media audio-visual. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2):80-85
Sari, D. P. (2018). Pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 131–134.
Sari, A. P. & Ananda S. (2018). The Development of Internet-BasedEc Media using Moddle Approach. International Journal of Active Learning (IJAL), 3(2)
Sandberg, K. W., & Ohman, G. (2011). Learning in innovation development. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 28, 379–383.
Sulasteri, Sri, dkk. (2018). The Effect of the Use of Learning Media Based on Presentation Media on Interest and Mathematical Learning Outcomes. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran. 6(2). pp.(221-236)
Violadini, Ririn, and Dea Mustika. (2021). “Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (3): 1210–22. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899.
Yayuk, E., & -, K. (2017). Pengembangan digibook dalam pembelajaran tematik tema daerah tempat tinggalku untuk sekolah dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 1(2), 155. https://doi.org/10.32934/jmie.v1i2.36.
Zulherman, H. G. P. P. (2021). Analysis Of The Needs Of Animated Video Media Based On The Canva Application In Science. 6(April), 22–29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.