Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif IPA Siswa Kelas V Pada Materi Makanan Sehat Di SD Negeri 09 Danau Peradah
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.307Keywords:
Model Pembelajaran Think Talk Write, Media Poster, Hasil Belajar KognitifAbstract
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain quasi eksperimental, jumlah sampel masing- masing kelompok sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan adalah intrumen tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 5 soal. Penelitian ini dilakukan di SDN 09 Danau Peradah. Uji persyaratan analisis data yang dilakukan adalah uji normalitas uji homogenitas dan effect size, sehingga analisa perbandingan dapat dilanjutkan dengan statistik parametrik. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa nilai tℎitung = 2,031 dan nilai ttabel = 2,021 untuk α = 5% dan dk = 38, yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif antara siswa yang diterapkan media pembelajaran poster dengan siswa yang mendapat pembelajaan langsung. Hasil uji effect size menunjukan bahwa es = 1,195, yang berarti pengguanan model pembelajaran think talk write berbantuan media poster berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA.
References
Anderson, L. W., & Bloom, B. S. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Longman.
Cahyo, Agus. (2013). Panduan Aplikasi Teori- Teori Belajar Mengajar. Yogyakarta: Diva Press.
Malayu S.P Hasibuan, 2017, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT Bumi Aksara
Niska. (2013). Penggunaan Media Poster untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 01 Nomor 02
Rahmaniati, R. (2015). Penggunaan media poster untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VB SDN 6 Langkai Palangka Raya.Pedagogik Jurnal Pendidikan, 10(2), 59-64.
Ramadhan, F., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui model pembelajaran Biologi REMAP STAD.Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(5), 610-615.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sukiman. (2012). Pengembangan media pembelajaran. Jogjakarta: PT. Pustaka Insan Madani Anggara.
Aliyansah. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Singkawang: STIT SA Singkawang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.