Pengaruh Teori Belajar Vygotsky Pada Materi Aljabar Linier Terhadap Self-Efficacy Mahasiswa Prodi Informatika

Authors

  • Nurul Asma Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Noviyanti Noviyanti Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Khairunnisak Khairunnisak Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.305

Keywords:

pengaruh pembelajaran, teori belajar vygotsky, self efficacy

Abstract

Pembelajaran kooperatif yang diajarkan dengan menerapkan tahapan teori belajar Vygotsky dapat mengkondisikan mahasiswa pada proses berpikir teman sebaya mereka. Metode ini diharapkan tidak hanya membuat hasil belajar terbuka untuk seluruh mahasiswa, tetapi juga proses berpikir mahasiswa lain terbuka untuk seluruh mahasiswa, sehingga mampu meningkatkan self efficacy mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh teori belajar Vygotsky pada materi aljabar linier terhadap self efficacy mahasiswa prodi Informatika. Metode penelitian yang dilakukan merujuk pada desain penelitian kualitatif yang dikemukakan oleh Davison dengan menggunakan beberapa instrumen penelitian, yaitu observasi, lembar angket, tes hasil belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut berpengaruh terhadap self-efficacy mahasiswa, sehingga mereka mampu memahami matematika dengan baik, yakin dapat memahami matematika dengan berbagai tingkat kesulitan, yakin dapat mencapai target yang ditetapkan terhadap matematika, hingga tidak merasa putus asa kendatipun memperoleh nilai matematika yang kurang memuaskan.

References

Asmiati, Mislin. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematka Siswa SD Negeri 147 Pelali Kecamatan Curio Kabupaten Enrekang. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ausubel, David P. (1960). The Use of Advanced Organizermin The Learning and Retention of Meaningful Verbal Material. Journal of Education Pshycology, 51, hlm. 267-272.

Bandura, Albert. (1997). Self-Efficacy The Excercise of Control. USA: W.H Freeman and Company.

Borovik, Alexandre V and Gardiner, Tony. (2006). Mathematical Abilities and Mathematical Skills. Word Federation of National Mathematics Competition Conference 2006. Cambridge, England.

Fitriani, Ria Nur dan Pujiastuti, Heni. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 05, No. 03, November 2021, pp. 2793-2801. E-ISSN: 2579-9258; P-ISSN: 2614-3038.

Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Novrianto, Riangga, dkk. (2019). Validitas Konstruk Instrumen General Self-Efficacy Scale Versi Indonesia. Jurnal Psikologi, Volume 15 Nomor 1, Juni 2019.

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi Kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga.

Slavin, E. Robert. (1994). Educational Psychology Theory and Practice. USA: Paramount Publishing.

Subaidi, Agus, (2016). Self-Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Sigma, Volume 1 Nomor 2, Maret 2016, Hlm 64-68.

Downloads

Published

2022-11-20

How to Cite

Asma, N., Noviyanti, N., & Khairunnisak, K. (2022). Pengaruh Teori Belajar Vygotsky Pada Materi Aljabar Linier Terhadap Self-Efficacy Mahasiswa Prodi Informatika. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(04), 496–503. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.305