Pengembangan Media Pohon Interaksi Rainbowsalt Untuk Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Eka Alvionita Bella Pradani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Arya Setya Nugroho Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Iqnatia Alfiansyah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.296

Keywords:

ModeI 4D, Media pembeIajaran pohon interaksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran pohon interaksi untuk materi interaksi sosial kelas V sekolah dasar di UPT Negeri 39 Gresik. Proses pengembangan ini menggunakan model 4D Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebarluasan (disseminate). Namun pada penelitian ini peneliti memodifikasi hingga tahap pengembangan (develop), dikarenakan keterbatasan waktu, biaya, dan adanya pandemic Covid-19. Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli media yaitu Bapak M. Fadloli Aziz, S.Si., M.Pd dan Bapak Syaiful Huda, S.Pd., M.Si serta validator ahli materi yaitu Bapak Drs. Sumarjono Kepala SekoIah UPT Negeri 39 Gresik dan Ibu Sulis Poniwati, S.Pd Guru wali kelas V UPT Negeri 39 Gresik dan peserta didik kelas V UPT Negeri 39 Gresik. Teknik pengumpulan data dan instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan lembar angket peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data validator dari ahli media dan ahli materi yang dilakukan, menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran pohon interaksi untuk materi interaksi sosial ini memenuhi kevalidan yang telah ditentukan. Hasil dari validator ahli media dan ahli materi memperoleh skor yaitu 91 dengan dikategorikan valid, lalu untuk lembar angket peserta didik mendapatkan skor yaitu 88,33 yang artinya efektif dengan dikategorikan sangat setuju. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pohon interaksi ini dapat disajikan dalam proses pembelajaran.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Apriyanti, Nur; Yermiandhoko, Y. (2015). Perbedaan Penggunaan Media Dua Dimensi Dengan Tiga Dimensi Terhadap Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 2253–2263.

Arda, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa Smp KeIas Viii. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69–77.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.

Astuti, P. D., Hadiwinarto, H., & Sholihah, A. (2018). Studi Deskriptif Interaksi Sosial

Mahasiswa S1 Jurusan Ilmu Pendidikan Berdasarkan Keterlibatan Organisasi Kemahasiswaan Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 20–28.

Azizah, A. N. (2018). PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET KELAS V MI MUHAMMADIYAH KARANGIO FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) PURWOKERTO.

Batul, R. Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pohon Pintar Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk KeIas X Bisnis Daring Dan Pemasaran Smk Negeri 2 Blitar. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 06, 192–197.

Endayani, H. (2017). Pengembangan materi ajar iImu pengetahuan sosiaI. Jurnal

Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 92–110.

FaishoI, R. (2018). Pengembangan Paket Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) KeIas IV Menggunakan Model Dick, Carey & Carey di SD Negeri 2 Tamanagung. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 2(2), 31–49. Fatnar, V., & Anam, C. (2014). Kemampuan Interaksi Sosial Antara Remaja Yang TinggaI Di Pondok Pesantren Dengan Yang Tinggal Bersama Keluarga. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 2(2), 71–75.

Ginanjar, D., & Saleh, A. (2020). Pengaruh Intensitas Menonton Film Animasi Adit Sopo JarwoTerhadap Interaksi Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 18(01), 43–55.

HiImi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164–172.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi BeIajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441.

Muslim, A. (2013). Interaksi Sosial dalam Masyarakat Multietnis. Jurnal Diskursus Islam,1(3),484–494.

Nurhalimah, S. R., Suhartono, S., & Cahyana, U. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile learning Berbasis Android pada Materi Sifat Koligatif larutan. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 160–167.

Nurrita. (2018). Development of circIe learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187.

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35.

Purwono, U. (2008). Deskripsi Butir Penilaian Ahli Materi. Pembelajaran Matematika, 106–145.

Sari, S. G., Aziz, I., Ieffega, C., Doktor, P., Pendidikan, I., Sarjana, P., Padang, U. N., Guru, P., Dasar, S., & Hatta, U. B. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBEIAJARAN POHON PINTAR PADA MATERI PENJUMIAHAN PADA KEIAS I SDN 52 PARUPUK TABING ( STUDI BERDASARKAN ASESMEN ). 04(02), 1207–1216.

Subali, B. (2012). Prinsip Asesmen & Evaluasi Pembelajaran. UNY Press. Suhartadi, K. A. D. A. S. S. (2009). Pengaruh Media Pembelajaran Dua Dimensi,

Tiga Dimensi, Dan Bakat Mekanik Terhadap Hasil BeIajar Sistem Pengapian Motor Bensin Di Smk Kota Mojokerto. Teknologi Kejuruan, 32(Vol 32, No 2 (2009)), 141–151.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. PT Pustaka Insan Madani, Anggota IKAPI.

Sungkono, S. (2008). Pemiliban Dan Penggunaan Media DaIam Proses Pembelajaran. In Majalah Ilmiah Pembelajaran (VoI. 4, Issue 1).

Syafri, F. S. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ALJABAR ELEMENTER (A. S. Dodi Isran (ed.)). CV. Zigie Utama.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.

Ulfa, C. R., Ellianawati, E., & Darsono, T. (2019). Media Pohon Pintar daIam Pembelajaran Kooperatif untuk Menstimulasi Sikap Ilmiah Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(2), 170–177.

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya daIam Pembelajaran. Jurnal Tarbiyah, 11(1), 131–144.

Winarsih, E. (2017). Permainan Tradisional “Engkling” untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa, Interaksi Sosial, dan Sarana Pendidikan Anti Korupsi pada Siswa Sekolah Dasar di …. … Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra …, 1–17.

Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(2).

Downloads

Published

2022-08-20

How to Cite

Pradani, E. A. B., Nugroho, A. S., & Alfiansyah, I. (2022). Pengembangan Media Pohon Interaksi Rainbowsalt Untuk Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(03), 465–471. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.296