Pengembangan E-Modul Interaktif Kolaboratif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.24Keywords:
E-modul, Komputer dan jaringan dasar, Kolaboratif, InteraktifAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berupa e-modul interaktif berbasis kolaboratif dan mengetahui kelayakan media berdasarkan pengujian para ahli. Pengembangan e-modul pembelajaran interaktif kolaboratif ini, didasari oleh belum tersedianya bahan ajar inovatif yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Negeri 1 Sukasada. Demi menghasilkan produk yang diharapkan, prosedur pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penilaian betha testing terhadap tingkat kelayakan materi sebesar 1,00 dan media sebesar 1,00 dengan kategori sangat layak. Alpha testing diperoleh rata-rata respon siswa uji perorangan sebesar 93,33%, uji kelompok kecil sebesar 92,44%, dan uji lapangan sebesar 85,83%. Makapengembangan e-modul interaktif kolaboratif yang telah dikembangkan pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar berhasil diterapkan dan layak diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
References
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i1.18403
Agustini, K., Santyadiputra, G. S., & Sugihartini, N. (2019). Visualizing the stages of the educational research methodology into animation infographics for vocational students. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 317–327. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i3.22017
Darmiati, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Materi Descriptive Text. Jurnal Nasional Komputasi Dan Teknologi Informasi (JNKTI), 3(1), 18–23. https://doi.org/10.32672/jnkti.v3i1.2011
Goleman et al., 2019. (2019). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286
Karimah, I., Suhendri, H., & Werdiningsih, C. E. (2019). Peranan Metode Pembelajaran Collaborative Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(2), 155–162.
Krissandi, A. D. S., & Rusmawan. (2016). KENDALA GURU SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 Apri. Cakrawala Pendidikan, 457–467. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7409
Leonard, & Amanah, N. (2014). PENGARUH ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 55–64.
Mauliana Wayudi, Suwatno, B. S. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008
Miranda, D. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Karakter Cinta Tanah Air Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 11(2), 12. https://doi.org/10.26418/jvip.v11i2.32565
Mustajab, D., Bauw, A., Rasyid, A., Irawan, A., Akbar, M. A., & Hamid, M. A. (2020). Working From Home Phenomenon As an Effort to Prevent COVID-19 Attacks and Its Impacts on Work Productivity. TIJAB (The International Journal of Applied Business), 4(1), 13. https://doi.org/10.20473/tijab.v4.i1.2020.13-21
Nurhayati, I., Khumaedi, M., & Yudiono, H. (2018). The Effectiveness of the Use of Video Media on Learning on the Competence of Scalp and Hair Care of Vocational High School Students of Beauty Department. Journal of Vocational and Career Education, 3(1), 66–72. https://doi.org/10.15294/jvce.v3i1.15388
Shilpa, S., & Sunita, M. (2016). A Study an Interactive Elementary Education ( 3-6 ) With Multimedia. International Journal of Home Science, 2(1), 214–215.
Tanner, M. J. (2014). Digital vs. Print: Reading Comprehension and the Future of the Book. School of Information Student Research Journal, 4(2). https://doi.org/10.31979/2575-2499.040206
Winatha, K. R., Suharsono, N., & Agustini, K. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.