Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

Authors

  • Eva Musthofatul Bariyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ibnu Hidayatullah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Erik Jaenudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.163

Keywords:

PBL, Berpikir kritis, SKI

Abstract

Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) mengarahkan peserta didik memahami dan mengkritisi jejak sejarah peradaban Islam dan diharapkan mampu menanamkan kecintaan kepada Islam dan Rasululah SAW serta mengambil pelajaran dari sejarah tersebut. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yaitu pembelajaran yang berbasis masalah yang memungkinkan peserta didik untuk berpikir secara kritis. Penelitian ini, berupaya mendeskripsikan korelasi penggunan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran SKI. peneliti menggunakan data primer yaitu menggunakan data skor kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menjadi sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIPA Madrasah Aliyah (MA) Yapisa Cileunyi Bandung tahun pelajaran 20019/2020 yang diperoleh ketika mengajar mata pelajaran SKI di semester 1 sebelum menggunakan Model Pembelajaran PBL dan sesudahnya. Adapun metode yang digunakan yaitu metode evaluasi untuk mengetahui sejauh mana tujuan suatu kegiatan telah tercapai serta menggunakan metode komparatif yaitu membandingkan dua variabel. Dalam pengolahan datanya peneliti menggunakan uji paired sample t test dengan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan skor kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah menggunakan Model Pembelajaran PBL secara signifikan. Terdapat  pula korelasi yang sangat kuat antara penggunaan Model Pembelajaran PBL dengan kemampuan berpikir kritis. Dapat dinyatakan juga bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran SKI.

References

Amri, L.K & Akhmadi, S. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta. PT. Prestasi Pustakaraya

Arends, L. R. (2008). Learning to Teach. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Assegaf, A. & Sontani, U. T.. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1 (1) 41

Basri, A.. (2006). Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta. CV. Pedoman Ilmu Jaya

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta. Insan Madani

Haryadi S, Eko F., Priyono B. P., Andreas, Retnoningsih, A. (2015) Desain Pembelajaran Literasi sains Berbasis Problem Based Learning dalam Membentuk Keterampilan Berpikir Kritis siswa. Journal of Innovative Science Education. 4 (2) 6

Nafiah, Y. N.. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. 4 (1) 141

Nugeraha, A. J., Suyitno, H.. & Susilaningsih, E.. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Kemampuan Proses Sains dan Motivasi Belajar Melalui Model PBL. Jurnal of Primary Education. 6 (1) 42

Nuryadi. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta. Sibuku Media

Ruggiero, V. (1998). The Art of Thinking. A Guide to Critical and creative Thought. New York. Longman An Imprint of Addison Wesley Longman, inc.

Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Bariyah, E. M., Hidayatullah, I., & Jaenudin, E. (2022). Efektifitas Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02), 284–294. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.163