Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Nur Rokhima Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong
  • Dwi Pamungkas Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Literasi matematika, Tingkat kemampuan mahasiswa

Abstract

Hasil PISA menunjukkan literasi matematika siswa Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan literasi matematika mahasiswa calon guru sekolah dasar Fakultas Pendidikan Bahasa, Sosial, dan Olahraga Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong berdasarakan kemampuan matematika. Mahasiswa dikelompokkan sesuai tingkat kemampuan awal rendah, sedang dan tinggi. Sehingga diperoleh 3 mahasiswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian yakni mahasiswa berkemampuan rendah (MR), mahasiswa berkemampuan sedang (MS), dan mahasiswa berkemampuan tinggi (MT). Kemudian, diberikan tes kemampuan literasi matematika yang telah diuji keabshanan dan kevalidannya. Selanjutnya dilakukan wawancara untuk mengetahui level masing-masing subjek penelitian sesuai indikator kemampuan literasi matematika. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan: (1) mahasiswa berkemampuan rendah belum mampu menuliskan jawaban secara tepat, namun mampu memberikan argumentasi sehingga memenuhi pada level 1 indikator kemampuan literasi matematika. (2) mahasiswa berkemampuan sedang mampu menuliskan jawaban secara tepat dan disertai argumentasi berdasarkan penafsiran sehingga memenuhi pada level 2 indikator kemampuan literasi matematika. (3) mahasiswa berkemampuan tinggi mampu menuliskan jawaban dan argumentasi yang runut secara tepat, sehingga memenuhi indikator kemampuan literasi matematika level 4.

References

National Council of Teacher Mathematics. (2000). Principles and Standards for Schools Mathematics. Reston. VA: NCTM

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. German: OECD Publishing.

OECD. (2016). PISA 2015 Assesement and Analytical Framework: Science,Reading, Mathematic and Finacial Literacy. Paris: OECD Publishing.

OECD. (2018). PISA 2015 Results in Focus. New York: Columbia University

OECD, PISA (2018). Draft science framework. 2014-07-17]. http://www. oecd.org/pisa/pisaproducts/Draft PISA 2015 Science Framework. Pdf

OECD. (2019). PISA 2018 Assesment and Analytical Framework. Paris: OECD.

Permatasari, R., (2018). Pengembangan Soal Matematika Tipe PISA Pada Konten Uncertainty and Data menggunakan Konteks Olahraga Permainan di Asian Games. Thesis. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Putra, Y. Y., & Vebrian R. (2020). Literasi Matematika (Mathematical Literacy) Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Bangka Belitung. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Rokhima, N., & Pamungkas, D. (2023). Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 1(01), 29–33. Retrieved from https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/424