Kajian Umum Hubungan Antara Kecerdasan dan Pendekatan Ilmu Pengetahuan Siswa Kelas X Dalam Mmeilih Jurusan di SMA Amir Hamzah Medan

-

Authors

  • Muhammad Arif Hidayat Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah Langkat
  • Marhan Hasibuan Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah Langkat

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjm.v2i01.639

Keywords:

Pendekatan saintifik, Kecerdasan, Siswa SMA Amir Hamzah, Kuisioner, Sosialisasi

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan suatu gagasan atau konsep untuk mencapai suatu tujuan, khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan. Pembelajaran yang dikaitkan dengan metode ilmiah mengacu pada pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga siswa secara aktif  mengidentifikasi, merumuskan masalah, mengajukan atau membentuk hipotesis, mengumpulkan data dengan menggunakan teknik yang berbeda-beda, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep berdasarkan pembelajaran yang diperoleh. . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami hubungan antara tingkat kecerdasan siswa dan pendekatan mereka terhadap sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan ceramah yang ditujukan kepada siswa  kelas X SMA dalam memilih jurusan IPA, IPS, dan IPB. Uji tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode statistik Chi-square. Hasilnya adalah tingkat kecerdasan siswa dengan pendekatan saintifik yang dicapai siswa melalui sosialisasi dengan nilai signifikansi 0,000. Kesimpulan  penelitian ini adalah terdapat pengaruh orangtua, teman dan lingkungan terhadap pemilihan jurusan pada siswa kelas X SMA Amir Hamzah Medan. Dan keinginan untuk memiliki presentasi itu sendiri mengalahkan parameter lainnya.

References

Angela, N. (2019). Sosiologi Sosialisasi.Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.

Dermawan, R. (2006). Pengambilan Keputusan: Landasan Filosofis, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta

Elistri., Wahyudi dan Supardi. (2014). Penerapan Metode SAW dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Seluma. Bengkulu: Jurnal Media Infotama.

Fitriani, E. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kecerdasan Logis Anak Usia 5-6Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Pulo Gdung Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan PAUD. 3(1): 27-37.

Fouad, N.A., Kim,S., Gosh, A., Chang, W., and Figueiredo, C. (2016). Family Influence on Career Decision Making: Validation in India and The United States. Journal of Career Assessment. 24(1): 197-212.

Kumar, S. (2016). Parental Influnce on Career Choice Traditionalism Among College Students in Selected Cities in Ethiopia. International Journal of Psychology and Educational Studies . 3(3): 23-30.

Liswah, A.S. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Preilaku Pada Klien di Yayasan Ar-Rahman Palembang. Tesis. Palembang: UIN Raden Fatah Palembang.

Suja, I.W. (2019). Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Hidayat, M. A., & Hasibuan, M. (2024). Kajian Umum Hubungan Antara Kecerdasan dan Pendekatan Ilmu Pengetahuan Siswa Kelas X Dalam Mmeilih Jurusan di SMA Amir Hamzah Medan: -. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 2(01), 32–36. https://doi.org/10.57008/jjm.v2i01.639