Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Matematika dengan Item And Test Analysis

Authors

  • Syaifudin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Analisis Butir Soal, Penilaian Akhir Tahun, Matematika, Iteman

Abstract

Artikel ini menyajikan analisis butir soal Penilaian Akhir Tahun mata pelajaran matematika kelas X dengan menggunakan aplikasi Iteman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal, termasuk reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan distraktor. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar butir soal memenuhi kriteria reliabilitas sangat tinggi dengan nilai alpha 0,894. Meskipun tingkat kesukaran butir soal bervariasi yaitu 12,5%(mudah), 80%(sedang), dan 7,5%(tinggi), namun sebagian besar masih sesuai dengan kemampuan siswa. Daya pembeda butir soal juga terdistribusi dengan baik yaitu sebesar 82,50% soal mampu membedakan kemampuan siswa. Untuk analisis distraktor mengungkapkan keberhasilan 45% soal efektif. Penelitian ini memberikan informasi penting bagi guru dan pengembang kurikulum dalam meningkatkan pembelajaran matematika dan mengevaluasi kemampuan matematika siswa khususnya di kelas X

References

Agung Saputra. (2022). Penggunaan Iteman dalam Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 139–151.

Ayu Fitriani. (2019). Analisis Kesukaran Soal Matematika pada Ujian Akhir Semester. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37–46.

Azwar, S. (2013). Tes Prestasi (Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar) (II). Pustaka Pelajar Offset.

Budi Prasetyo. (2020). Penggunaan Iteman dalam Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 189–199.

Didik Setyawarno. (2017). Penggunaan Aplikasi Iteman (Item and Test Analysis) Untuk Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Berdasarkan Teori Tes Klasik. JIFP (Jurnal Ilmu Fisika Dan Pembelajarannya), 1(1), 11–21.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2017). Panduan Pengembangan Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Endang Nurcahyani. (2019). Analisis Tingkat Kesukaran Soal pada Ujian Sekolah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 87–95.

Hartono. (2017). Analisis Daya Pembeda Butir Soal pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional. Jurnal Kependidikan, 46(1), 23–32.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Mitra Cendikia Press.

Mulyadi. (2018). Analisis Butir Soal dalam Penilaian Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 47(2), 135–144.

Nisa, C. (2019). Analisis Karakteristik Butir Soal Tes Ujian Kenaikan Kelas Pelajaran Matematika Dengan Program Iteman. YASIN Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 2, 862–870.

Pamujo, & Romadhoni, D. R. M. (2022). Analisis Butir Soal Evaluasi Pembelajaran PKn Kelas IV Sekolah Dasar dengan Iteman di Kecamatan Banjarnegara. Conference of Elementary Studies, 392–402.

Perwira Negara, H. R., & Kurniawati, K. R. A. (2018). Karakteristik Butir Soal Try Out Ujian Nasional SMA Mata Pelajaran Matematika Se-Kota Mataram dengan Menggunakan Program Iteman. Jurnal VARIAN, 1(2), 11–21. https://doi.org/10.30812/varian.v1i2.67

Setyawarno, D. (2008). Penggunaan AplikasiSoftware Iteman (Item and Test Analysis) Untuk Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Berdasarkan Teori Tes Klasik. 49, 69–73. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jifp/article/view/866/728

Surapranata, S. (2004). Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum 2004. Remaja Rosdakarya.

Yuliana Astuti. (2021). Analisis Validitas Soal pada Ujian Akhir Semester Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 57–68.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Syaifudin. (2023). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Mata Pelajaran Matematika dengan Item And Test Analysis. JURNAL JENDELA MATEMATIKA, 1(2), 34–42. Retrieved from https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJM/article/view/559