Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Siswa Kelas III SD
Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 2 Bogem melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Bogem sebanyak 30 orang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 14 orang perempuan dengan tingkat kemampuan heterogen. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar matematika. Tindakan dikatakan berhasil jika jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat pada ulangan harian I dan ulangan harian II. Dari analisis kualitatif deskriptif naratif terlihat bahwa terjadi perbaikan proses pembelajaran dari sebelum tindakan ke siklus I siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dari skor dasar dengan persentase 59,17%, ulangan harian I dengan persentase 66,9%, dan ulangan harian II dengan persentase 74,13%. berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan penerapan pembelajaran kooperati tipe Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SD Negeri 2 Bogem pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021.
References
Arikunto, S., Jabar, A., 2004, Evaluasi Program Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.
Arikunto,dkk., 2008, Penelitian Tindakan Kelas, Bumi Aksara, Jakarta.
BNSP.2006, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas, Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono., 2006, Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Djamarah, S.B., 1995, Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta.
Hakim., 2000, Belajar secara efektif, Puspawara, Jakarta.
Hamalik, O., 2001. Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Bandung.
Ibrahim dkk, 2000, Pembelajaran Kooperatif, University Press, Surabaya.
Slameto., 2010, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Rineka Cipta Jakarta.
Slavin, R.E., 2005, Diterjemahkan dari Cooperative Learning Teori Riset dan praktik, Nusa Media, Bandung.
Slavin, R.E., 1995, Cooperative Learning : Teori, Riset dan Practice ( Second Edition Massachusetts : Allymand Bacon Publishers ).
Sudijono., 2005, Pengantar Statistik Pendidikan, PT Raja Grafindo Persada., Jakarta.
Sudjana, N., 2009, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Suyanto., 1997, Pedoman Penelitian Tindakan Kelas, Dikti, Jakarta.
Trianto., 2007, Model-model Pembelajaran Inovatik Berorientasi Konstruktivistik, Prestasi Pustaka, Surabaya.