http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/issue/feed JURNAL JENDELA PENDIDIKAN 2022-08-20T12:51:31+00:00 Heri Cahyono hericahyono@jendelaedukasi.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Jendela Pendidikan</strong> (e-ISSN: 2775-6181 p-ISSN: 2776-267X) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh <a href="https://www.jendelaedukasi.id"><strong>CV. Jendela Edukasi Indonesia</strong></a> dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan <strong>Februari, Mei, Agustus, November</strong>. Kami mengundang peneliti, praktisi, dosen, guru, serta mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai upaya pengembangan pendidikan di Indonesia. Dalam upaya menjaga kualitas artikel di Jurnal Jendela Pendidikan, kami mengambil pakar-pakar peneliti bidang pendidikan serta menggunakan software plagiarisme artikel.</p> http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/216 Pelakasanaan Program Pembiasaan Baik di Sekolah Sebagai Upaya Pembinaan Akhlak Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 2022-05-26T22:48:48+00:00 Laila Hamidah lailachazzs@gmail.com Mada Sumringah Sari Mada-Sumringah-Sari-888@gmail.com <p>Tujuan penulisan ini untuk membahas mengenai pelaksanaan program pembiasaan baik di sekolah sebagai upaya pembinaan akhlak siswa pada masa pandemi covid-19. Seperti kita ketahui bahwa Indonesia sedang mengalami krisis akhlak khususnya pada generasi muda calon pemimpin bangsa. Akhlak merupakan sistem nilai yang menentukan pola perilaku dan sikap atau tabiat seseorang. Sistem nilai yang dimaksud adalah ajaran Islam yang merujuk pada Al-Qur'an dan Sunnah sebagai sumber nilai serta ijtihad sebagai metode pemikiran Islam. Sikap dan perilakunya meliputi Allah SWT, sesama manusia (termasuk diri kita sendiri), dan hubungan dengan alam semesta. Akhlak seseorang adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang dapat dengan mudah menimbulkan berbagai tindakan tanpa perlu pemikiran atau perenungan. Ilmu atau materi yang membahas tentang nilai-nilai yang tertanam dalam jiwa dan perilaku manusia, dapat ditafsirkan dengan perilaku baik dan buruknya. Selain itu, akhlak juga berarti suatu kebiasaan yang selalu dilakukan dan menjadi kepribadian seseorang. Jika akhlaknya baik maka disebut akhlakul karimah, dan jika akhlaknya tidak baik maka disebut akhlakul madzmumah. Oleh karena itu, pembinaan akhlak harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam lingkungan rumah, umunya di sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Metode penulisan ini adalah dengan metode <em>Library Research</em>. Penulis membahas tentang pembiasaan baik yang dilakukan di sekolah, pengertian akhlak, dan pembinaan akhlak melalui pembiasaan baik di sekolah.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/171 Pemanfaatan Vidam (Video Animasi) Etika Politik dalam Islam Untuk Menambah Wawasan Kepemimpinan Siswa Kelas IV SD 2022-05-26T22:47:27+00:00 Wa Ode Lely Amaria waodeamaria86@gmail.com Rina Riana Amelia Rina-Riana-Amelia-77235@gmail.com Puteri Intan Risma Maharani Puteri-Intan-Risma-Maharani-8836@gmail.com Ani Nur Aeni Ani-Nur-Aeni-56324@gmail.com <p>Saat ini teknologi informasi dan komunikasi sudah berkembang sangat pesat. Contohnya pada proses pembelajaran, yang mana sekarang ini dilaksanakan secara daring (Dalam Jaringan) semenjak adanya pandemi covid-19. Pengembangan Video Animasi menjadi salah satu strategi yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, karena media ini sangat mudah untuk dibuat serta diakses oleh peserta didik. Dengan Video Animasi ini, diharapkan siswa dapat secara mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dalam penelitian ini, digunakan metode desain and development atau desain dan pengembangan yang mana pada penelitian ini menggunakan Vidam (Video Animasi) yang berisi materi mengenai etika politik dalam islam dan bertujuan untuk menambah wawasan kepemimpinan anak sekolah dasar. Oleh karena itu, dibuat materi kepemimpinan ini dengan cara yang berbeda agar mereka memahami bahwa menjadi seorang pemimpin yang baik itu harus mengetahui etika dalam berpolitik dan juga menjadikan mereka sebagai pemimpin yang menjadi teladan bagi seluruh masyarakat.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/253 Analisis Tingkat Kompetensi Mahasiswa Terhadap Capaian Pembelajaran Mata Kuliah Pada Dacum Chart Program Studi Teknologi Industri Pangan 2022-07-19T13:56:20+00:00 Muhammad Dzulkifli dzulkifli@polije.ac.id Asep Samsudin asep_samsudin@polije.ac.id Agus Setia Budi agus_setia@polije.ac.id <p>Untuk membuktikan tingkat keberhasilan mahasiswa program studi Teknologi Industri Pangan (PS TIP) Politeknik Negeri Jember (Polije) dalam proses pembelajaran maka perlu dinilai kompentensi mahasiswa dalam mencapai capaian pembelajaran mata kuliah yang tercantum dalam RPS. Hal tersebut dianggap penting dikarenakan setelah diketahui tingkat relevansi DACUM terhadap kurikulum maka perlu dibuktikan hasilnya berupa tingkat kompetensi mahasiswanya dalam memenuhi capaian pembelajaran mata kuliah yang telah disesuaikan dengan metode DACUM. Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi mahasiswa terhadapa capaian pembelajaran mata kuliah dalam RPS sesuai DACUM Chart program studi Teknologi Industri Pangan Politeknik Negeri Jember Tahun 2021. Penelitian “Analisis Tingkat Kompetensi Mahasiswa Terhadap Capaian Pembelajaran Mata Kuliah dalam Dacum Chart Program Studi Teknologi Industri Pangan”, merupakan jenis penelitian deskriptif qualitatif dan quantitatif, menggunakan metode dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian disusun, dianalisis, dan dijelaskan sehingga dapat menerangkan hubungan dan dapat mengambil kesimpulan dari hasil analisis yang diperoleh.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/235 Eksplorasi Mamözi Aramba Terhadap Konsep Geometri 2022-07-19T14:07:01+00:00 Oslen Parulian Sijabat oslen.parulian@student.uhn.ac.id Ratio Julianci Simarmata Ratio-Julianci-Simarmata-672565@gmail.com Meani Giawa Meani-Giawa-65735356@gmail.com Hardi Tambunan Hardi-Tambunan-67357388@gmail.com Suryati Sitepu Suryati-Sitepu-663536655@gnail.com <p>Matematika sebagai produk dari budaya, mengakibatkan matematika tidak dapat dipisahkan dengan budaya. Pembelajaran matematika berbasis budaya lebih dikenal dengan istilah etnomatematika. Pembelajaran matematika berbasis budaya akan membuat siswa lebih termotivasi untuk belajar matematika, Karena pembelajaran ini erat kaitannya dengan budaya, maka siswa akan dapat memahami setiap topik yang dibahas dengan lebih mudah, dan dapat menciptakan pembelajaran yang bermakna..Hubungan matematika dengan budaya dalam budaya alat musik tradisional dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika disekolah. Mamözi Aramba merupakan ansambel musik tradisional yang digunakan pada kegiatan pesta dengan memainkan seperangkat alat musik aramba, baik pesta berupa owasa atau fangowalu (pesta pernikahan) yang ada di masyarakat suku Nias. Göndra, faritia, dan aramba adalah alat musik tradisional yang digunakan di Mamözi Aramba. Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep matematika yang terdapat pada Mamözi Aramba, untuk dapat dijadikan sebagai sumber belajar terhadap pembelajaran matematika disekolah terkhusus untuk daerah pulau Nias. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh adanya konsep matematika pada Mamözi Aramba yaitu konsep geometri berupa tabung (Göndra), Lingkaran ( Faritia dan Aramba).</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/260 Meningkatkan Keterampilan Passing BawahMelalui Metode Modifikasi Permainan Bola Voli (Kelas X AK 1 SMKN 1 Kandangan Tahun Pelajaran 2017/2018) 2022-07-25T01:21:41+00:00 Ahmad Luthfi Hidayat ekadudy12345@gmail.com <p>Permainan Bola voli termasuk suatu permainan yang tidak mudah dilakukan oleh setiap orang, sebab dalam permainan bola voli dibutukan kordinasi gerak yang benar-benar bisa diandalkan untuk melakukan semua gerakannya. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan keterampilan passing bawah dalam bola voli siswa. Penenelitian ini menggunakan metode jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui pengamatan (observasi). Melakukan observasi langsung pada siswa dan guru di lapangan pada saat proses pembelajaran yaitu siswa kelas X AK 1 SMKN 1 Kandangan, mengamati dan mencatat semua yang perlukan. Hasil ovservasi ini menjadi refleksi bagi tindakan yang telah dilakukan. Berdasarkan temuan hasil penelitian diatas disimpulkan bahwa penerapan metode modifikasi permainan bola voli dapat meningkatkan keterampilan passing bawah bola voli dalam pembelajaran penjaskes siswa kelas X AK 1 SMKN 1 Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/224 Uji T Berpasangan (Paired T-Test) Terhadap Pengaruh Perbedaan Jumlah Jam Terapi Applied Behaviour Analisys (ABA) Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Autisme 2022-07-21T01:44:54+00:00 Guntur Yudi Saputra gunturyudi@gmail.com Dwiani Listya Kartika dwianikartika@gmail.com Nuraini Muhassanah nurainimuhassanah@gmail.com <p>Terapi <em>Applied Behaviour Analysis</em> (ABA) adalah salah satu metode terapi autisme yang banyak dilaksanakan di sekolah yang melenggarakan pendidikan inklusi salah satunya adalah SD Alam Banyu Belik Purwokerto. Terapi ABA yang dijalankan di lembaga pendidikan tersebut masih banyak kekurangan salah satunya adalah keterbatasan terapis untuk melakukan terapi ABA. Karena keterbatasan terapis tersebut, jam terapi yang diberikan belum sesuai dengan terapi ABA pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan nilai antara anak didik yang mengikuti program terapi ABA selama 1,5 jam per hari dengan anak didik yang mengikuti program terapi ABA selama 8 jam per hari di SD Alam Banyu Belik Purwokerto. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan subjek tunggal. Subjek tunggal adalah seorang siswa inklusi di SD Alam Banyu Belik yang terletak di Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan namun tidak signifikan antara nilai sebelum dan sesudah diterapkannya terapi ABA dijalankan selama 1,5 jam per hari dengan terapi ABA yang dijalankan selama 8 jam per hari atau dengan kata lain terapi ABA yang dijalankan di SD Alam Banyu Belik selama 1,5 jam terbilang masih dalam koridor yang baik.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/249 Yuk Belajar PKn Menjadi Sebuah "Alat" Bagi Guru PKn Dalam Mengembangkan Cara Mengajar dan Belajar Peserta Didik Di Era Pandemi 2022-07-19T14:09:08+00:00 Desi Afianti Rahmi desiafiantirahmi@gmail.com <p>Tujuan program kegiatan Yuk Belajar PKn ini yaitu untuk mengembangkan cara mengajar dan belajar peserta didik di era pandemi dan sebagai "alat" bantu bagi guru PKn dalam mencapai pembelajaran terbaik dan efektif bagi pembelajaran dalam jaringan (online) dan luar jaringan (offline) bagi pesera didik kelas XII SMAN 1 Tamansari Bogor. Program kegiatan ini dilakukan dengan terintegrasi antara Youtube dan Google Classroom sebagai wadah untuk mudah mengaksesnya. Fitur yang diberikan Yuk Belajar PKn (yang sudah terintegrasi dengan Google Classroom) bagi siswa: Video Pembelajaran, Materi PKn dalam Powerpoint, Rangkuman dan berbagai quiz evaluasi yang bisa diakses kapanpun di manapun. Cara belajar menggunakan Yuk Belajar PKn yang sudah terintegrasi: Minggu pertama (Siswa diberikan materi berupa Video, Ppt dan rangkuman. Minggu kedua adalah melanjutkan sub pematerian sampai sub pematerian anggap selesai. Minggu ketiga adalah Ulangan harian, karena sudah mendapatkan materi yang mudah diakses. Minggu keempat adalah pengulangan, sehingga siswa lebih nyaman dalam mengakses materi pembelajaran.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/266 Transformasi Taksonomi Bloom dalam Evaluasi Pembelajaran Berbasis HOTS 2022-07-29T08:16:56+00:00 Welas Listiani welas.listiani1981@gmail.com Rachmawati Rachmawati Rachmawati-Rachmawati-677145@gmail.com <p>Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan transformasi taksonomi Bloom dalam evaluasi pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills atau HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode kajian pustaka. Evaluasi merupakan penilaian terhadap hasil belajar peserta didik. Ada tiga hasil belajar yang dapat dinilai. Salah satunya adalah kemampuan kognitif atau pengetahuan. Penilain ini dilakukan sesuai dengan ranah kognitif taksonomi Bloom. Namun, mengalami transformasi atau perubahan pada tahun 2001. Perubahan tersebut berupa C1, C2, C3, C4, C5, dan C6 dari pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi menjadi mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Selain itu, revisi taksonomi Bloom menunjukkan adanya perubahan dari kata benda menjadi kata kerja. HOTS meliputi menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Menyusun soal HOTS harus memperhatikan kata kerja operasional dari C4, C5, dan C6 taksonomi Bloom yang sudah direvisi. HOTS merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang berada pada level penalaran.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/251 Analisis Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Di SMP Praipuluhamu 2022-07-19T14:05:31+00:00 Roslin Paji Jera roslinpajijera07@gmail.com Elsi Senides H. Taunu Elsi-Senides-H.-Taunu-7765665@gmail.com Darius Imanuel Wadu Darius-Imanuel-Wadu-77654@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk,menganalisis buku teks matematika siswa kelas VIII SMP pelajaran matematika semester 1 edisi revisi 2017 disajikan dengan pendekatan saintifik serta deskripsi kendala yang dialami oleh guru dan siswa. Jenis riset ini adalahpenlitiann deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Deskripsi penelitian dilakukan dengan cara memberikan gambaran isi buku serta kendala guru dan siswa terkait penggunaan buku matematika siswa kelas VIII SMP berdasarkan pendekatan saintifik. Subjek penelitian 12 orang siswa kelas VIII dengan kemampuan pengetahuan yang berbeda berdasarkan saran guru matematika, 1 orang guru matematika, dan Wakasek kurikulum sekolah dengan cara pengambilan sampel secara <em>purposive sampling</em>. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu, lembar observasi analisis buku, wawancara dan studi dokumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa indikator mengamati, menanya, menalar, masuk pada kategori sangat sesuai. Sedangkan indikator mencoba/menggali informasi dan mengkomunikasikan termasuk pada kategori sesuai.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/259 Konsep Pendidikan Islam dalam Perspektif Ahmad Tafsir 2022-07-25T01:23:36+00:00 Eka Dudy Meinura ekadudy12345@gmail.com <p>Keberhasilan pendidikan Islam ditentukan dari salah satunya denga nada konsep yang jelas dan matang untuk dapat diterapkan dilembaga pendidikan. Sehingga tujuan dari pendidikan Islam dapat tercapai secara optimal. Ahmad Tafsir menegaskan bahwa harus ada langkah konkrit untuk mebenahi dan menaikkan mutu lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif dan metode pengumpulan datanya menggunakan studi pustaka primer dan skunder baik dari buku dan juga jurnal yang relevan. Pendidikan Islam adalah “Bimbingan yang diberikan oleh seseorang kepada seseorang agar dia dapat berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran Islam.” Untuk meraih hal yang maksimal, dibutuhkan hal-hal yang bisa mengantarkannya untuk maksimal, kurikulum yang integratif dapat memberikan ruang kepada manusia untuk dapat mengembangkan potensi dirinya menuju manusia yang lebih baik. Walaupun tidak semua ajaran Islam dipahami oleh murid, tetapi setidaknya murid mengetahui prinsip-prinsip umum tentang Islam dan mengamalkannya.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/264 Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Zoom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit 2022-07-26T13:19:02+00:00 Ulfa Isni Kurnia uiska27@gmail.com Alfina Alfina Alfina-Alfina-76556@gmail.com Alfi Kurniawansah Alfi-Kurniawansah-777764@gmail.com <p>Pemanfaatan aplikasi zoom pada pembelajaran di prodi Pendidikan Teknologi Informasi dilaksanakan dalam menunjang pembelajaran secara daring saat pademi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan keefektifan pembelajaran daring menggunakan zoom dalam pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran pada mata kuiah matematika diskrit. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen <em>pretest</em> dan <em>posttest.</em> Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif untuk melihat signifikansi dan keefektifan yaitu <em>Paired Sample t Test</em> dan <em>Gain Score. </em>Pembelajran daring menggunakan zoom ternyata tidak terbukti efektif di gunakan pada mata kuliah matematika diskrit tetapi Pembelajaran tatap muka secara langsung yang dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman mahasiswa. Hal ini dilihat dari <em>pretes</em> dan <em>posstes</em> mahasiswa. Penelitian ini juga dilakukan analisis signifikansi yang lebih kecil dari taraf signifikansi <em>(P-Value &lt; 0,05) yaitu P-Value</em> = 0,041, yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikansi antara menggunakan aplikasi zoom dan tatap muka secara langsung di kelas, dimana hasil <em>normalized gain</em> diperoleh nilai yaitu 0,64.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/240 Pengaruh Media Digital & Mutu Perangkat Terhadap Kemampuan Bahasa Pada AUD Melalui Konten Youtube 2022-07-25T01:20:14+00:00 Dwi Maharani dwimaharani467@gmail.com Erna Budiarti Erna-Budiarti-5664669@gmail.com <p>Di kondisi saat ini, kebutuhan pokok bagi banyak orang di dunia adalah internet. Beragam macam informasi dapat diketahui dengan memanfaatkan internet. Awal mula internet hanya difungsikan dalam tukar menukar informasi dan penyuratan, akan tetapi sekarang dengan tersedianya media baru, internet tidak hanya sebagai sarana informasi, namun pula sebagai alat yang edukatif dan hiburan, contohnya Youtube, setiap orang mampu belajar dan mempraktekkan langsung dengan video yang ada dalam Youtube. Dengan tanpa batas, akses Youtube bisa dilakukan oleh siapa pun, khususnya bagi setiap anak usia dini. Anak usia dini bisa diasah kreativitasnya melalui sarana edukatif dalam Youtube. Beberapa ahli psikolog sepakat bahwa apa yang anak lihat akan diserap secara utuh, dan selanjutnya anak akan belajar dari hal tersebut. Keadaan tersebut mampu mendorong kreativitas bagi setiap anak usia dini. Kreativitas tiap-tiap orang bisa diamati melalui sisi bagaimana ia menciptakan hal baru yang terpikirkan sebab ia melihat sebuah objek yang telah ada dan selanjutnya dikreasikan menjadi bentuk baru. Hal tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan identifikasi dan mendeskripsikan kreativitas perkembangan anak usia dini melalui dampak tontonan video Youtube. Penelitian kualitatif deskriptif menjadi jenis penelitian yang dipakai dimana terdapat hasilnya yaitu: 1) Setiap anak cenderung senang melihat sesuatu yang menarik dari gambar berwarna warni dan musik, alhasil otak kanan anak bisa diaktifkan guna berpikir kreatif sebab anak cenderung menerima secara utuh apa yang dilihatnya, 2) konten Youtube yang lebih edukatif hendaknya diberikan kepada anak agar lebih kreatif sebab video Youtube tersebut disajikan secara bebas, contohnya seperti video cara mewarnai, menari, bernyanyi, dan lainnya. 3) Kreativitas anak yang dikembangkan bisa berhasil melalui keterampilan dalam berpikir dan melakukan secara kreatif, dan dorongan intrinsik, maka dari hal tersebut bagi anak di usia dini kondisi yang kondusif dan dukungan dari orang tua menjadi motivasi baginya.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/279 Pengembangan Media Permainan Smart Jenga dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B TK Pembina Ampenan Tahun 2022 2022-08-13T04:46:16+00:00 Wanda Azizah Wandaazizah12@gmail.com I Nyoman Suarta I-Nyoman-Suarta-6724522@gmail.com Baik Nilawati Astini Baik-Nilawati-Astini-787645666@gmail.com I Made Suwasa Astawa I-Made-Suwasa-Astawa-80868770@gmail.com <p>Bermain merupakan hak dasar bagi anak usia dini, karena dengan bermain seluruh aspek perkembangan anak dapat terstimulasi dengan cara yang menyenangkan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media permainan untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak secara maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media permainan smart jenga guna meningkatkan kemampuan kognitif anak. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan metode pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah smart jenga yang terdiri dari balok jenga, dadu, dan jenga card dengan penerapan menggunakan tahapan permainan yang terdiri dari persiapan permainan yakni menyiapkan alat dan bahan, kelompok, kesepakatan bermain, dan urutan main; kegiatan main yakni anak mengelompokkan balok dan kartu, mengambil balok, menyelesaikan instruksi kartu; dan akhir permainan yakni menghitung skor dan menentukan pemenang, dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase yang diperoleh yaitu 47,16% pada tahap pengembangan I menjadi 74,75% pada tahap pengembangan II dan pada tahap pengambangan III capaian kognitif siswa memenuhi keritiria berkembang sangat baik dengan nilai rata-rata yaitu 88,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan <em>smart jenga</em> dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Negeri Pembina Ampenan dan hasil penelitian ini dapat dmanfaatkan dalam menstimulasi perkembangan kognitif anak.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/278 Kemampuan Matematika Dasar Mahasiswa Fisika Ditinjau dari Mathematical Procedural Skills, Conceptual Understanding, dan Algoritmic Problem Solving 2022-08-06T17:00:39+00:00 Ita Chairun Nissa itachairunnissa@undikma.ac.id Dwi Pangga dwipangga@ikipmataram.ac.id Baiq Rika Ayu Febrilia rikafebrilia@ikipmataram.ac.id <p>Beberapa literatur dan penelitian terdahulu menyatakan bahwa masih ada kelemahan dalam menggunakan matematika di kelas sains. Pada saat mahasiswa mengalami kegagalan dalam memecahkan masalah fisika yang melibatkan keterampilan matematika, seringkali kita dihadapkan pada pertanyaan apakah kegagalan tersebut disebabkan karena lemahnya kemampuan matematika dasar atau kurangnya penguasaan konsep fisika itu sendiri. Penelitian ini merupakan suatu deskriptif kuantitatif yang melibatkan mahasiswa tingkat satu yang melaksanakan perkuliahan matematika dasar dan fisika umum. Kemampuan matematika dasar mahasiswa dianalisis menurut tiga aspek penilaian; <em>mathematical-procedural skils</em>, <em>conceptual understanding</em>, dan <em>algorithmic problem-solving</em>. Tes pilihan ganda digunakan sebagai alat pengumpul data primer, sedangkan lembar jawaban tertulis digunakan untuk mendapatkan deksripsi seperti apa argumentasi mahasiswa dan bagaimana cara mereka memecahkan masalah. Skor tes dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif untuk membandingkan kemampuan mahasiswa pada tiga aspek tersebut. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kemampuan yang lebih baik pada <em>mathematical-procedural skils</em> dan <em>algorithmic problem-solving</em> dibandingkan pada <em>conceptual understanding</em>.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/261 Analisis Kesulitan Mahamahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ekonomi pada Materi Fungsi Permintaan dan Penawaran Ditinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis 2022-08-07T04:42:40+00:00 Arini Hidayati arinda3Lreza@gmail.com Luluk Firdaussiah Luluk-Firdaussiah-872567@gmail.com Imania Rizki Utami Imania-Rizki-Utami-983678@gmail.com Nely Putri Ayu Nely-Putri-Ayu-876388@gmail.com <p>Kemampuan koneksi matematis adalah kemampuan mengaitkan konsep-konsep matematika baik antar konsep dalam matematika itu sendiri maupun mengaitkan konsep matematika dengan konsep dalam bidang lainnya. Namun, pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis rendah. Kemampuan koneksi matematis yang rendah cenderung mengakibatkan mahasiswa kesulitan dalam belajar matematika, sehingga mereka kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami mahasiswa dalam menyelesaikan saoal matematika ekonomi pada materi fungsi permintaan dan fungsi penawaran ditinjau dari kemampuan koneksi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Ekonomi semester IVB yang berjumlah 26 orang, Fakultas Sosial dan Humaniora, Universitas Nurul Jadid. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan wawancara. Soal tes berbentuk uraian sebanyak 2 soal untuk menentukan tingkat kemampuan koneksi matematis subjek. Sedangkan untuk wawancara dilakukan secara terstuktur berdasarkan pedoman yang telah dibuat, dengan tujuan untuk menemukan tingkat kesulitan subjek melalui data yang diperoleh dari jawaban-jawaban subjek pada saat tes tertulis. Data yang diperolah selanjutnya dianalisis berdasarkan alur analisis Milles dan Hubermen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yakni pada subjek yang memiliki tingkat KMT cenderung tidak memiliki kesulitan dalam menyelesaikan soal. Pada tingkat KMS, subjek cenderung mengalami kesulitan pada penerapan prinsip dan menyelesaikan masalah verbal. Pada tingkat KMR, subjek cenderung mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yaitu pada pemahaman konsep, penerapan prinsip, dan masalah verbal.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/293 The Syllabus Evaluation: Our Discovery Island 5–Student Book published by Pearson Education 2022-08-12T14:43:13+00:00 Woro Endah Sitoresmi woroendah62@gmail.com Nina Afria Damayanti Nina-Afria-Damayanti-9863876@gmail.com <p>The success of English language subject is hardly required because the prior of language learning is communication. However, the success itself is not only based on the teacher, method, curriculum but also the package such as syllabus and textbook for delivering materials. Syllabus and textbook refer to the content of what is to be taught and the skills to be mastered. Furthermore, both of them help teacher to provide the materials well and to be relevant into the present context. The goal of this paper is to analyze deeply the English language syllabus design in Our Discovery Island 5–student book published by Pearson Education that is used by the elementary students of grade V in Citra Indonesia school, Bintaro. This study belongs to descriptive qualitative study. The findings show that the syllabus design in this book used the linear format to display the contents which include scope, sequence, integration, articulation and balance. Meanwhile for the syllabus model, it used process model on subject center design.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/296 Pengembangan Media Pohon Interaksi Rainbowsalt Untuk Kelas V Sekolah Dasar 2022-08-15T15:37:32+00:00 Eka Alvionita Bella Pradani alvionitabella5758@gmail.com Arya Setya Nugroho Arya-Setya-Nugroho-56242524@gmail.com Iqnatia Alfiansyah Iqnatia-Alfiansyah-882525@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran pohon interaksi untuk materi interaksi sosial kelas V sekolah dasar di UPT Negeri 39 Gresik. Proses pengembangan ini menggunakan model 4D Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebarluasan (disseminate). Namun pada penelitian ini peneliti memodifikasi hingga tahap pengembangan (develop), dikarenakan keterbatasan waktu, biaya, dan adanya pandemic Covid-19. Subjek pada penelitian ini adalah validator ahli media yaitu Bapak M. Fadloli Aziz, S.Si., M.Pd dan Bapak Syaiful Huda, S.Pd., M.Si serta validator ahli materi yaitu Bapak Drs. Sumarjono Kepala SekoIah UPT Negeri 39 Gresik dan Ibu Sulis Poniwati, S.Pd Guru wali kelas V UPT Negeri 39 Gresik dan peserta didik kelas V UPT Negeri 39 Gresik. Teknik pengumpulan data dan instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan lembar angket peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data validator dari ahli media dan ahli materi yang dilakukan, menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran pohon interaksi untuk materi interaksi sosial ini memenuhi kevalidan yang telah ditentukan. Hasil dari validator ahli media dan ahli materi memperoleh skor yaitu 91 dengan dikategorikan valid, lalu untuk lembar angket peserta didik mendapatkan skor yaitu 88,33 yang artinya efektif dengan dikategorikan sangat setuju. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pohon interaksi ini dapat disajikan dalam proses pembelajaran.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/294 Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi 2022-08-15T11:50:23+00:00 Elisabeth Edis ekhaapril4@gmail.com Eka Apriyanti Eka-Apriyanti-t5262588@gmail.com Ninah Wahyuni Amaliah Ninah-Wahyuni-Amaliah-ts5565@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Nahdiyat Makassar melalui penerapan model pembelajaran explisit instruction. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan test akhir. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif dengan dilengkapi tabel frekuensi serta presentase. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Nahdiyat Makassar. Kegiatan penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus diadakan empat kali pertemuan (tiga kali pertemuan proses belajar mengajar dan satu kali pertemuan test hasil belajar) serta melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dapat Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Nahdiyat Makassar yang ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 64,82 dan siklus II meningkat menjadi 77,85.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/267 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IX MTs Negeri Kota Kupang 2022-08-13T03:29:30+00:00 St. Asmah stasmahyahya912@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keberhasilan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn di kelas IX-E MTs Negeri Kota Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dari hasil lembar observasi aktivitas dan nilai rata-rata menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 60,53% (cukup aktif) meningkat pada siklus II menjadi 85,53% (sangat aktif), hal ini tidak terlepas dari peningkatan aktivitas guru yang pada siklus I sebesar 71,43% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 88,09% (sangat baik). Begitupun dengan peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari kriteria ketuntasan minimal baik secara individu maupun secara klasikal ≥75 dimana pada siklus I dari jumlah siswa 30 orang yang tuntas sebanyak 21 orang (74,45%), meningkat menjadi 30 orang (100%) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar pun terlihat dari hasil nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 75,17% dan pada siklus II sebesar 84%.</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/290 Penerapan Media Video PMRI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas III MI 2022-08-12T14:46:10+00:00 Zulfatun Ni'mah Zullfanimah99@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penerapan media video PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas III MI. Metode ini yang digunakan adalah metode Kuantitatif dengan jenis penelitian Deskriptif Eksperimen, desain penelitian menggunakan <em>Pre-Experimental Designs (nondesaigns) </em>dengan tipe <em>One-Group Pretest-Posttest Design</em>, subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III MI Banat Manyar, teknik pengumpulan data menggunakan dari Tes, dan analisis data menggunakan uji sensitivitas. Hasil penerapan media video terhadap kemampuana pemeahan masalah dengan hasil tes kemampuan pemecahan masalah latihan <em>pretest </em>dengan jumlah sampel 19 peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 80,42 dengan nilai minimum 68 dan nilai maksimum 92, sedangkan latian <em>posttest</em> dengan jumlah sampel 19 peserta didik mendapatkan rata-rata 85,68 dengan nilai minimum 72 dan nilai maksimum 100. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai rata-rata <em>pretest </em>(sebelum menggunakan media video PMRI) berpengaruh terhadap nilai rata-rata posttest (sesudah menggunakan media video PMRI).</p> 2022-08-20T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN