Pengembangan Media Komik Berbasis Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Untuk Peserta Didik Kelas 5 SD
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.404Keywords:
Model RnD, Media Pembelajaran, Komik, Upaya Pelestarian LingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media komik materi cerita di UPT SDN 45 Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitia : n ini adalah model pengembangan RnD (Research and Development) analisis kebutuhan, rancangan pembuatan media, pengumpulan objek rancangan media, desain media, pembuatan media, validasi ahli, perbaikan desain, penilaian produk. Subjek dalam penelitian ini adalah validator hali materi yakni guru kelas 5 UPT SDN 45 Gresik dan validator ahli media yakni Amin Syifa’, S.Kom. Dikarenakan adanya wabah pandemi COVID-19, dan sekolah belum dibuka, maka peneliti hanya membatasi penelitiannya melalui validator saja. Media pembelajaran komik berbasis upaya pelestarian lingkungan telah melalui serangkaian validasi ahli materi dan validasi ahli media, hasil akhir dari validasi kevalidan media memperoleh skor rata-rata sebesar 87,75 dengan kategori sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media komik berbasis upaya pelestarian lingkungan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran.
Asyar. (2011). Kreatif Mengembangkan Media.
Budiarti, W. N., & Haryanto. (2016). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. JURNAL PRIMA EDUKASIA.
Hidayah, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV.
Lestari, R. D. (2018). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Dalam Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas VIII.
Musdalifah. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Matematika Materi Pengolahan Data Kelas V.
Putra, N. (2013). Research & Development (Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar). 67.
Rahzanie, R. D. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Menggunakan Metode Kontekstual Dengan Media Pembelajaran Berbasis ICT Pada Siswa Kelas X 3 SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG. Library unnes, 2.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung.
Supriyatna, E. Y. (2015). Pengembangan Media Komik Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Tentang Sejarah Persiapan Kemerdekaan Indonesia Pada Kelas V.
Tegeh, M., Pudjawan, K., & Jampel, N. (2014). Model Penelitian Pengembangan.
Wahyuni, A. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa.
Wardana, A. (2018). Pengembangan Media Komik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mengapresiasi Siswa Peserta Didik Kelas III.
Yani, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Berargumentasi Dengan Metode Debat Aktif Menggunakan Media Animasi Gambar Siswa Kelas IV.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.