Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Portal Rumah Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 2 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.396Keywords:
Media Pembelajaran, Canva, Portal Rumah Belajar, Pembelajaran SejarahAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis web untuk peserta didik agar mampu memahami pelajaran sejarah khususnya tentang sejarah kemerdekaan Indonesia. Pengembangan media pembelajaran berbasis Canva materi sejarah kemerdekaan Indonesia, didasari oleh pembelajaran yang hanya menggunakan satu jenis media saja hal ini membuat peserta didik menjadi jenuh. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Palembang pada tanggal 20 September 2022. Media ini dikembangkan menggunakan aplikasi editor Canva dengan jenis media berupa audio visual yang kemudian di unggah pada laman Portal Rumah Belajar. Adapun pada uji validasi yang dilakukan oleh validator ahli menunjukkan hasil penilaian sangat baik, dengan begitu media pembelajaran ini dinyatakan layak untuk di uji cobakan kepada peserta didik. Hasil uji coba yang dilakukan kepada peserta didik menunjukkan peningkatan motivasi serta hasil belajar yang sangat baik.
References
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Benny A. Pribadi. 2009. Model-Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PPS-UNJ
Borg, W. R. and M. D. Gall. (1989). Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York and London: Longman
Effendi, H., & Hendriyani, Y. 2018. Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall.
Kemendikbud. 2017. Pedoman pemanfaatan portal rumah belajar. Jakarta: Kemendikbud
Suryadi, A. 2020. Teknologi dan media pembelajaran. Bandung: CV Jejak.
Oktivianto, Orchidta., Hudaidah., & Alian. 2018. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Role Playing dengan Media Film Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pelajaran Sejarah Materi Perang Palembang Kelas X di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Pendidikan Volume 3 Nomor 2
Pelangi, Garris. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2
Permata, V. J., 7 Dhoehaeni, H. 2020. Rumah Belajar as Online Learning Model for Early Childhood Education. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 538, 317-318.Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Rahmatullah, dkk. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol 12, No 2
Suryadi, A. 2020. Teknologi dan media pembelajaran. Bandung: CV Jejak.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.