Pengaruh Pembelajaran Abad 21 dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK N1 Moro’o Nias Barat Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika

Authors

  • Oslen Parulian Sijabat Universitas HKBP Nommensen
  • Agustina Cahaya Berlian Sihite Universitas HKBP Nommensen
  • Maria Marta Manao Universitas HKBP Nommensen
  • Firman Pangaribuan Universitas HKBP Nommensen
  • Tutiarny Naibaho Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.361

Keywords:

Pembelajaran abad 21, Problem Based learning (PBL), Prestasi belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh pembelajaran abad 21 dengan pendekatan PBL terhadap prestasi belajar siswa kelas XI OTKP 1 SMK N1 Moro’o.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, dengan sampel sebanyak 20 orang. Dari hasil penelitian perhitungan analisis regresi didapat persamaan regresinya: Y  = 67,43 + 0,45X. pada persamaan tersebut koefisien arah regresi linier (b) = 0,45 bertanda positif dengan Fhitung  F tabel  (17,99  4,14) tolak H0, artinya ada pengaruh pembelajaran abad 21 dengan pendekatan problem based learning (pbl) terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK N1 Moro’o Nias Barat. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung diperoleh sebesar 0,730 dan ttabel sebesar 0,688. Maka (-0,688 < 0,730 atau 0,730> 0,688) maka Ada hubungan yang berarti (signifikan) model pembelajaran PBL terhadap prestasi belajar siswa siswa kelas XI SMK N1 Moro’o Nias Barat.

References

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia , (pp. 745-751). Yogyakarta.

Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik, 7(1), 53-65.

(2019, oktober 19). Retrieved from https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/pembelajaran-abad-21/.

Daryanto, & karim s. (2017). . Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Ismiyati. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri Kauman Kidul Salatiga Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016.

Muhimin, A. S., & Maman, A. (2007). Analisis Korelasi, Regresi, Dan Jalur Dalam Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Mukhadis, A. (2013). Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 115-136.

Rahmadani , N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning bagi Siswa Kelas 4 SD. Scholaria:Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3, 249–250. doi:https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. MAHAGURU: jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114-121.

Sabah, A. K. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa Kelas 5 SD Negeri Ledok 04 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013.

Sardjiyo, & Pannen. (2005). Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jurnal pendidikan, 6(2), 83-98, 6(2), 83-98.

Sardjiyo, & Pannen. (n.d.). Pembelajaran Berbasis Budaya: Model Inovasi Pembelajaran dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Slameto. (2011). Penelitian dan Inovasi Pendidikan. semarang: Widya Sari Press.

Sudjana. (1996). Metoda Statistika edisi 6. . Bandung: Penerbit Tarsito.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap. Jurnal Pendidikan Sains, 14(2), 60-64.

Syahrul, Muh. Nasir, & Nurfathurrahmah. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Lambitu. Oryza Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 54-58.

Yanuarni, R., Yuanita, P., & Maimunah. (2021). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI KETERAMPILAN ABAD 21. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 536-549. doi:https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3331.

Downloads

Published

2023-02-19

How to Cite

Sijabat, O. P., Sihite, A. C. B., Manao, M. M., Pangaribuan, F., & Naibaho, T. (2023). Pengaruh Pembelajaran Abad 21 dengan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK N1 Moro’o Nias Barat Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 3(01), 1–10. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i01.361

Most read articles by the same author(s)