Pelakasanaan Program Pembiasaan Baik di Sekolah Sebagai Upaya Pembinaan Akhlak Siswa pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Laila Hamidah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mada Sumringah Sari UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.216

Keywords:

Akhlak, Covid-19, Pembiasaan baik

Abstract

Tujuan penulisan ini untuk membahas mengenai pelaksanaan program pembiasaan baik di sekolah sebagai upaya pembinaan akhlak siswa pada masa pandemi covid-19. Seperti kita ketahui bahwa Indonesia sedang mengalami krisis akhlak khususnya pada generasi muda calon pemimpin bangsa. Akhlak merupakan sistem nilai yang menentukan pola perilaku dan sikap atau tabiat seseorang. Sistem nilai yang dimaksud adalah ajaran Islam yang merujuk pada Al-Qur'an dan Sunnah sebagai sumber nilai serta ijtihad sebagai metode pemikiran Islam. Sikap dan perilakunya meliputi Allah SWT, sesama manusia (termasuk diri kita sendiri), dan hubungan dengan alam semesta. Akhlak seseorang adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang dapat dengan mudah menimbulkan berbagai tindakan tanpa perlu pemikiran atau perenungan. Ilmu atau materi yang membahas tentang nilai-nilai yang tertanam dalam jiwa dan perilaku manusia, dapat ditafsirkan dengan perilaku baik dan buruknya. Selain itu, akhlak juga berarti suatu kebiasaan yang selalu dilakukan dan menjadi kepribadian seseorang. Jika akhlaknya baik maka disebut akhlakul karimah, dan jika akhlaknya tidak baik maka disebut akhlakul madzmumah. Oleh karena itu, pembinaan akhlak harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam lingkungan rumah, umunya di sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Metode penulisan ini adalah dengan metode Library Research. Penulis membahas tentang pembiasaan baik yang dilakukan di sekolah, pengertian akhlak, dan pembinaan akhlak melalui pembiasaan baik di sekolah.

References

As, A. (2002). Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Choli, I., & Rifa’i, A. (2021). PENGEMBANGAN SIKAP KEBERAGAMAAN SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 118.

Fakaubun, Z. F., Sa’dullah, A., & Dewi, M. S. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Raudah Tual. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 102.

Fatiha, N., & Nuwa, G. (2019). Kemerosotan Moral Siswa Pada Masa Pandemic Covid 19 Covid 19: Meneropong Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2-3.

Halim, M. N. (2000). Menghias diri dengan Akhlak Terpuji. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Jalaluddin. (2006). Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Juraini, F., & Dkk. (2018). Pembinaan Akhlak Terhadap Siswa dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Unggul Lampeneurut Aceh Besar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 4.

Karenina, D., & Hidayat, S. (2022). Model Penumbuhan Sikap Religiusitas Anak melalui Program Pembiasaan di Sekolah Dasar pada Masa Pandemic Covid-19. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 201.

Mastur, M., Afifulloh, M., & Dina, L. N. (2020). Upaya Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 72.

Mellani, S. (2021). Pembinaan Akhlak Siswa di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Studi Kasus Di Sd Negeri 58 Bengkulu Selatan). e-Repository Perpustakaan IAIN Bengkulu, 4.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. In Remaja Rosdakarya Offset.

Mubarak, Z., & dkk. (2008). Manusia, Akhlak, Budi Pekerti dan Masyarakat. (Depok: . Depok: Lembaga Penerbit FE UI.

Nata, A. (1996). Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sikumbang, J. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Membina Akhlak pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Terhadap Siswa MIN Sibuhuan Kabupaten Padang Lawas). etheses IAIN PADANGSIDIMPUAN, 3.

Downloads

Published

2022-08-20

How to Cite

Hamidah, L., & Sari, M. S. (2022). Pelakasanaan Program Pembiasaan Baik di Sekolah Sebagai Upaya Pembinaan Akhlak Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(03), 331–338. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.216