Membangun TPACK Guru IPS Melalui Moodle berbasis Blended Learning dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Authors

  • Maryam Mustika Universitas Palangka Raya
  • Rahma Temarwut Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Blended Learning, TPACK, Guru IPS, Moodle

Abstract

Di Era teknologi yang berkembang semakin pesat, dunia pendidikan harus mengikuti akan perkembangan digital/teknologi. Pendidik atau guru sudah seharusnya memiliki kompetensi dalam penguasaaan strategi, konten, dan metode pembelajaran agar pencapaian pembelajaran bisa tercapai dengan baik. Dalam penelitian ini, bertujuan menganalisis dalam membangun TPACK Guru IPS dapat menggunakan Moodle berbasis Blended Learning dalam pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literature dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pembelajaran Blended learning merupakan pembelajaran campuran kombinasi dari pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbasis online. Pembelajaran IPS melalui Moodle berbasis Blended learning ini dari beberapa hasil review beberapa penelitian di temukan dapat membangun TPACK Guru IPS yang ditekankan pada keterampilan penggunaan teknologi yang diintegrasikan dengan kemampuan pedagogik dan profesional dalam kelas. Pembelajaran menggunakan Moodle berbasis Blended Learning ini juga dapat dijadikan referensi Guru IPS dalam pembelajaran tatap muka terbatas yang lebih menyenangkan dan tentunya membangun TPACK untuk dapat dipraktekkan ke dalam pembelajaran tatap muka terbatas sebagai bentuk kebiasaan baru dalam pendidikan.

References

Anggraeni, Desak Made, Sole Ferdinandus Bele, 2018. E-Learning Moodle, Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika e-ISSN 2615-6881 // Vol. 1 No. 2 June 2018, pp. 57-65

Carman. J.M, 2005. Blended Learning Design : Five Key Ingredients.

Cavus, N., & Zabadi, T. (2014). A Comparison of Open Source Learning Management Systems. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 521– 526. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.430

Dakhi, Oskah, dkk, 2020. Blended Learning: A 21st Century Learning Model At College. International Journal Of Multi Science. Vol 1 No 7th, November 2020 E Issn 2722-2985.

Gunawan, dkk, 2021. Pembelajaran Menggunakan Learning Management Systemberbasis Moodle pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education. Vol. 2 No. 1. 2021: 226-235.

Hamdi, H, 2013. Pembuatan Multimedia Interaktif Menggunakan Moodle Pada Kompetensi Mengamati Gejala Alam Dan Keteraturannya Untuk Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI Semester I. Pillar of Physics Education, 1(1).

Imam Fitri Rahmadia. 2019. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 6 No. 1 Maret 2019. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21.

Kantun, Sri, dkk, 2015. Implementasi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Peserta Didik Kelas Xi IPS-2 SMAN 5 Jember Semester Gasal Tahun 2015/2016. Artikel.

Kartiningrum, Eka Diah. 2015. Panduan Penyusunan Studi Literatur. Mojokerto: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit.

Mason, C., Berson, M., Diem, R., Hicks, D., Lee, J., & Dralle, T, 2000. Guidelines for usingtechnology to prepare social studies teachers. Contemporary issues in technology and teachereducation, 1(1), 107-116.

Matthew, J Koehler and Punya Mishra, 2008. Introducing Technological pedagogical content knowledge.

Maudiarti, Santi, 2018. Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi. DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.321.7.

Mishra dan Koehler, 2006. Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record Volume 108, Number 6, June 2006, pp. 1017–1054 Copyright by Teachers College, Columbia University 0161-4681

Muh. Fahrurrozi, Muhip Abdul Majid, 2017. Pengembanggan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi IPS SMAN 1 Selong Tahun Pelajaran 2017/2018. JPEK, HAL 57 - 67 Volume 1, Nomor 1, Juli 2017.

Mustika, Maryam and Sapriya, 2019. The Readiness Of Social Studies Teacher In E-Learning Based: A Survey Through TPACK Approach. In Proceedings of the 10th International Conference on E-Education, E-Business, E-Management and E-Learning (IC4E '19). Association for Computing Machinery, New York, NY, USA, 32–35. DOI:https://doi.org/10.1145/3306500.3306566.

Muwallidah, Mayya, dkk, 2017. Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kd Sistem Dan Alat Pembayaran Kelas X IPS Di SMAN 2 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. ISSN 1907-9990 | E-ISSN 2548-7175 | Volume 11 Nomor 2. DOI: 10.19184/jpe.v11i2.6461.

Nuraini, 2020. Jurnal Penerapan Blended Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah pada Peserta didik Kelas X IPS SMAN 2 Kampar Timur. Halaman 3380--3379 Volume 4 Nomor 3 Tahun 2020.

Nurdiani, N., Rustaman, N. Y., & Setiawan, W. (2019). The IM and LMS moodle as the TPACK components in improving embryology concepts mastery of prospective biology teachers The IM and LMS Moodle as the TPACK Components in Improving Embryology Concepts Mastery of Prospective Biology Teachers, 60012. https://doi.org/10.1063/1.5115712

Pasani, Chairil Faif, 2018. TPACK Untuk Mengembangkan HOTS dan Berbagai Literasi. Makalah di sajikan dalam Senpika I di Banjarmasin tanggal 4 Agustus 2018.

Pulungtana dan Dwikurnaningsih, 2020. Evaluasi Kinerja Mengajar Guru Ips Dalam Mengimplementasikan Tpack. p-ISSN: 2303-2898 e-ISSN: 2549-6662 Vol 9 No 1, Tahun 2020.

Rakhmawati, Intan Aulia dan Alifia, Nugrahaning Nisa, 2018. Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika sebagai Penguat Karakter Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2):186-196.

Ratna Novitayati, 2013. Pengaruh Metode Blended Learning dan Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPS. Jurnal Penelitian Kependidikan Tahun 2013 Nomor 1 April 2013.

Retnoningsih, 2017. Perbandingan Learning Management System Edmodo dan Moodle Dalam Pembelajaran Online. Information System For Educators And Professionals Vol.1, No. 2, Juni 2017, 221-230 E-ISSN: 2548-3587

Sefriani, Rini, dkk, 2021. Blended learning with Edmodo: The effectiveness of statistical learning during the COVID-19 pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE). Vol. 10, No. 1, March 2021, pp. 293~299. ISSN: 2252-8822, DOI: 10.11591/ijere.v10i1.20826.

Sancoko, B., 2018. Implementasi Model Pembelajaran Blended E-Learning Pada Diklat Pengadaan Barang/Jasa di BPPK. Simposium Nasional Keuangan Negara, 1(1), pp.767-783.

SE-Sesjen-Nomor-15-Tahun-2020-2 Surat Edarannomor 15 Tahun 2o2o tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Yirus Disease (Covid-19).

Sjukur. S. B, 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Skripsi. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 3, November 2012 Hal. 368-378.

Staker, H, 2011. The Rise of K-12 Blended Learning: Profiles of Emerging Models. Innosight Institute.

Suprianti, Yanti. 2019. Perbandingan Peningkatan Hasil Belajar Melalui E-Learning dan Blended Learning dengan Multimedia Interaktif dan LMS Sebagai Komponen TPACK Pada Materi Kingdom Monera. Skripsi. Bandung: Universitas Pasundan.

Tauhida, Tari. 2021. Pemanfaatan LMS Moodle dalam Pembelajaran Berbasis TPACK untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Peserta Didik Pada Materi Sistem Saraf. Skripsi. Bandung: Universitas Pasundan.

Utari, Dkk, 2020. Blended Learning : Strategi Pembelajaran Alternatif Di Era New Normal. Seminar Nasional Pendidikan, Fkip Unma 2020 “Transformasi Pendidikan Sebagai Upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals (Sdcs) Di Era Society 5.0”. Agustus 2020

Wahyudi, dkk, 2015. Developing Teaching and Learning Model with TPACK Framework and Blended Learning Content for Science and Mathematics in Elementary School Teacher Education Program. Online International Interdisciplinary Research Journal, {Bi-Monthly}, ISSN 2249-9598, Volume-V, Issue-I, Jan-Feb 2015 Issue

Zed, M, 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Mustika, M., & Temarwut, R. (2022). Membangun TPACK Guru IPS Melalui Moodle berbasis Blended Learning dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02), 313–323. Retrieved from http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/215