Pengembangan Media Pembelajaran : Aplikasi Fun Edu’kids Islamic Berbasis Ibuildapp Pada Materi Kisah Keteladanan Para Nabi di Kelas V SD
Keywords:
Dakwah, Aplikasi, TeknologiAbstract
Berkembang pesatnya teknologi yang selaras dengan ilmu pengetahuan dengan tiada hentinya. Banyak perubahan teknologi dari konvensional menjadi digital. Maka dibutuhkan inovasi media edukatif berbasis teknologi yang dapat mempermudah belajar islami untuk anak. Aplikasi Fun Edu’kids Islamic berbasis Ibuildapp menyediakan materi dakwah tentang kisah keteladanan para nabi dengan berbagai bentuk yaitu video, audio, dan gambar untuk para da’i da’iyah kelas lima SD. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan da’i da’iyah dalam berdakwah dengan membawa dampak perkembangan terhadap karakter generasi muda supaya kelak tumbuh menjadi manusia yang berkhlak mulia dan berbudi pekerti luhur. Penelitian ini menerapkan metode model Design and Development (D&D). Metode pada pengumpulan data menggunakan angket melalui google form.
References
Afifuddin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis ICT. TARBAWI, 6(2). https://doi.org/10.36781/tarbawi.v6i1.2970
Ammatulloh, M. I., Permana, N., Firmansya, R., Sha’adah, L. N., Izzatunnis, Z. I., & Muthaqin, D. I. (2021). Civics Caring Apps: Media Pembelajaran M-Learning Berbasis Android untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1408-1419.
Ardiansyah, A. (2020). Pengembangan Tutorial Merancang Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Guru PAI. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1).
Basit, A. (2017). Dakwah antar individu: teori dan aplikasi. CV. TENTREM KARYA NUSA.
Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540.
Egziabher, T. B. G., & Edwards, S. (2013). Media Pembelajaran. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9), 1689–1699.
Gun Gunawan, G., & Bunyamin, H. (2016). Pengembangan Aplikasi Kisah 25 Nabi dan Rasul Berbasis Android. Jurnal Algoritma, 12(2), 298–295. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.12-2.298
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.652
Kosim, N. (2015). Pengembangan Dan Aplikasi Pembelajaran Pai Di Sd. Qathrunâ, 2(2).
Kurniawan, N., & R, R. (2021). PROFIL NABI MUHAMMAD SAW DAN NILAI-NILAI PENDIDIKANNYA. Berajah Journal, 1(2). https://doi.org/10.47353/bj.v1i2.14
La’ali Nur Aida, Dewi Maryam, Fia Fabiola, dll. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1).
LESTARI, Y., Jisman, J., & Syaifullah, M. (2019). Dampak Game Online Terhadap Prilaku Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Kota Jambi http://repository.uinjambi.ac.id/1473/%0Ahttp://repository.uinjambi.ac.id/1473/1/Y ULIA LESTARI-TP151487 - Dinni Computer.pdf
Pratiwi, M. C. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pocket Book (Arpook) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Universitas Pendidikan Indonesia, 2013, 139–142.
Riyan, M. (2021). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN TEKS EKSPOSISI. Diksi, 29(2).
Simanjuntak, D. D. P. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) Menggunakan Media Pembelajaran Weblog Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 273-281.
Sulaeman, A., Darodjat, D., & Makhrus, M. (2020). Information and Cmmunication Technology dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Islamadina : Jurnal Pemikiran Islam. https://doi.org/10.30595/islamadina.v0i0.7258
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.