Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Sila-sila Pancasila Kelas ll SD

Authors

  • Iva Nila Khusna Universitas Muhammadiyah Gresik

Keywords:

Pengembangan perangkat, Pembelajaran sila pancasila

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk pengembanagan perangkat pembelajaran Materi Sila-sila Pancasila Kelas ll SD 2020/2021. Perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakter tanggung jawab pada peserta didik yang ada disekolah dasar. Perangkat pembelajaran ini digunakan disaat pandemi karena pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and development). Desain penelitian ini menggunakan model pengembangan perangjat pembelajaran yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu model 4-D yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan(Design) dan tahap pengembangan(Develop). Alasan peneliti tidak melaksanakan tahap akhir pada model penelitian 4-D karena keterbatasan waktu dan biaya yang digunakan. Subjek penelitian terdapat 2 validator. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan memberikan lembar validasi kepada validator, sedangkan instrumen pengumpulan data dengan memberikan perangkat pembelajaran dan lembar validasi untuk dinilai oleh validator. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, didapatkan pengembangan perangkat pembelajaran berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik(LKPD), tes hasil belajar (THS), media pembelajaran dan modul yang sudah dikembangkan sesuai dengan karakter tanggung jawab peserta didik. Untuk kevalidan perangkat pembelajaran 95,5  penilaian dari validator. Sehingga perangkat pembelajaran materi sila–sila pancasila ini sangat valid untuk digunakan saat pembelajaran berlangsung.

References

Andi Prastowo. (2015). MenyusuniRencanaiPelaksanaani (RPP) tematik terpadu: ImplementasiiKurikulum 2013iuntuk SD/MI.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Aisyah. 2011. Perkembangan Sosial Emosional dan Kepribadian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Didik, P., Xi, K., Sma, I. P. A., & Pinrang, N. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pengalaman pada peserta didik kelas xi ipa sma negeri 9 pinrang. 2015, 202–213.

Dewi, M. d.(2017). "pengembangan modul mtematika menggunakan model thiagarajan untuk Meningkatkan Kemampuan pemecahan Masalah melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik di MTs Pesantren Daar AL Ulum Kisaran". jurnal paradikma vol. 10 No. 2, 193-203.

Mandagi, M. O. (2016). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN AKTIF MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN DI KELAS V SD.

Masitah. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Memfasilitasi Guru Menumbuhkan Rasa Tangung Jawab Siswa SD terhadap Masalah Banjir Development of Learning Devices to Facilitate Teachers Grow the Responsibility of Elementary School Students to the Flood Problem. Proceeding Biology Education Conference, 15, 40–44.

Mustafa, J. I. (2016). pengembangan perangkat pembelajaran konsep lingkungan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk SMA kelas X. 4, 94–103.

Pancasila, B., Uud, D. A. N., & Rachmah, H. (2013). NILAI-NILAI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA YANG. 1.

Primaningtyas Nur Arifah. (2013). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI SUDUT UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.

Sugiyono,(2012) Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Yashinta Arum Surya Rahartiningsi. (2018). pengembangan perangkat pembelajaran terpadu tipe Networked mengacu kurikulum 2013 untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Khusna, I. N. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Sila-sila Pancasila Kelas ll SD. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02), 303–312. Retrieved from http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/192