Peran Orang Tua pada Anak Masa School From Home (SFH)

Authors

  • Pratiwi Dwi Lestari Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Veny Iswantiningtyas Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Epritha Kurniawati Universitas Nusantara PGRI Kediri

Keywords:

Peran Orang Tua, Anak, School From Home (SFH)

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mendiskripsikan peran orang tua menemani anak School From Home (SFH) di masa pandemi Covid-19, serta mengetahahui hal apa saja yang dilakukan orang tua dalam menemani anak ketika melaksanakan School From Home (SFH). Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Informasi penelitian diperoleh dari orangtua, data yang dperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Hasilnya menunjukan bahwa, yang paling berperan dalam membantu anak ketika  School From Home (SFH) yaitu ibu, selain itu terdapat hambatan ketika dilakukannya School From Home (SFH)  adalah kebanyakan mood anak kurang stabil. Pada umumnya anak harus diberi sebuah rujukan agar anak mau belajar dan bersemangat dalam belajar misalnya (sebelum belajar membelikkannya makanan kesukaan anak). Motivasi belajar anak dalam pembelajaran School From Home (SFH) dipengaruhi oleh beberapa elemen yakni: cara orangtua mendampingi belajar anak, cara orangtua membantu mengerjakan tugas, menyediakan perlengkapan belajar serta fasilitas belajar pada anak serta menjadi motivator anak seperti berikan contoh yang baik dan pujian kepada anak. Disisi lain, orang tua memerlukan bimbingan ketika harus memahami menyiapkan bahan pembelajaran untuk anak selama pembelajaran School From Home (SFH). Karena belum sepenuhnya anak mampu dan mengerti terhadap hal pelajaran yang diberikan oleh guru , maka dari itu ketika dalam belajar School From Home (SFH) orang tua harus mampu memahami pembelajaran tersebut saat disampaikan kepada anak,  agar anak memahami dan mampu melakukan berbagai tugas School From Home (SFH).

References

Arifin, B. S., & Jalil, M. A. (2008). Psikologi agama.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288 https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941.

Astita, W. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Akhlak Anak Di Desa Bangun Jaya Kecamatan Sungkai Utara Lampung Utara. IAIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/456

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152–159. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2203

Dini, J. (2021). Tantangan guru dan orang tua dalam kegiatan belajar dari rumah anak usia dini pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441–1463. 5(2), 1441-1463. 5(2). 10.31004/obsesi.v5i2.808

Iftitah, S. L., & Anawaty, M. F. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71–81. https://doi.org/10.30736/jce.v4i2.256

Iswantiningtyas, V. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Lukisan Lilin terhadap Kedisiplinan Anak. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 5(2), 14–20. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3106diakses18September2020

Khairunnisa, F., & Fidesrinur, F. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Perilaku Berbagi dan Menolong pada Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 33–42. http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.703

Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549–558.

Mufaziah, E., & Fauziah, P. (2020). Kendala Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1045–1051.

Mukhtar, L., & Zukhairina, D. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak usia dini teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group). Hlm, 117–118.

Muthmainnah, M. (2012). Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2920

Nawawi, H. (2003). Manajemen SDM untuk bisnis yang kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ni’mah, N. (2016). Peranan orang tua dalam membimbing anak untuk melaksanakan shalat lima waktu di lingkungan Pasar Kahayan (studi terhadap lima kepala keluarga yang berprofesi sebagai pedagang). IAIN Palangka Raya. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191-207. https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2.7806/id/eprint/547

Roqib, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. LKIS Pelangi Aksara.

Salim, M. (2013). Haitami. Pendidikan Agama dalam Keluarga: Revitalisasi Peran Keluarga dalam Membangun Generasi Bangsa yang Berkarakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sri, K. U., & Krishna, T. V. V. (2014). E-Learning: Technological Development in Teaching for school kids. International Journal of Computer Science and Information Technologies, 5(5), 6124–6126.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772.

Zahara, S., Mulyana, N., & Darwis, R. S. (2021). PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.24198/jkrk.v3i1.32143

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Lestari, P. D., Iswantiningtyas, V., & Kurniawati, E. (2022). Peran Orang Tua pada Anak Masa School From Home (SFH). JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02), 245–254. Retrieved from http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/187