Pengaruh Pola Kepemimpinan dan Kemampuan Intelektual Terhadap Kinerja Guru
Keywords:
Pola kepemimpinan, Kemampuan intelektual, Kinerja guruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui pengaruh pola kepemimpinan terhadap kinerja guru, mengetahui pengaruh kemampuan intelektual terhadap kinerja guru dan untuk mengetahui secara simultan pengaruh pola kepemimpinan dan kemampuan intelektual terhadap kinerja guru. Penelitian ini dapat digolongkan pada penelitian berjenis asosiatif dengan jumlah sample sebanyak 30 orang. metode yang digunakan adalah metode survey. Kesimpulan penelitian bahwa variabel pola kepemimpinan secara partial berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan nilai thitung > ttabel (3.165 > 1.701), variabel kemampuan intelektual secara partial berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan nilai thitung > ttabel (4.371 > 1.701), variabel pola kepemimpinan dan kemampuan intelektual secara simultan berpengaruh positif terhadap kinerja guru dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 17.175 > 3,320.
References
Alhusaini, A., Kristiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2166–2172. https://doi.org/10.36709/jopspe.v5i1.13326
Ardiana, T. E. (2017). PENGARUH MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU AKUNTANSI SMK DI KOTA MADIUN. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(2). https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v2i1.549
Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Kemampuan Intelektual Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 143.
Guterres, L. A., & Supartha, W. G. (2016). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(3).
Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467
Rapika, S., & Sari, A. P. (2019). Pengaruh Kepribadian Dan Kemampuan Intelektual Terhadap Kompetensi Guru Di Smkn 3 Kota Bengkulu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(2), 64–76. https://doi.org/10.33369/insight.12.2.64-76
Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Peningkatan Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 2(3), 244–255. https://doi.org/10.52627/ijeam.v2i3.41
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.