Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Agar Tercipta Kegiatan Pembelajaran yang Efektif dan Siswa Aktif

Authors

  • Azzah Risti Meliyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Diana Mentari Universitas Pendidikan Indonesia
  • Gina Purnama Syabani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Najwa Zalfa Zuhri Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Kebutuhan guru, Siswa aktif, Media pembelajaran

Abstract

Masifnya digitalisasi membuka inovasi dalam berbagai aspek, termasuk pendidikan. Menikmati manfaat teknologi menjadi daya tarik dan asah kreativitas siswa maupun pendidik dalam proses pembelajaran yang interaktif. Namun, tidak dapat dipungkiri ada pula tantangan era digital terhadap pendidikan, sehingga muncul hambatan-hambatan dalam mendukung efektivitas pembelajaran. Penelitian ini merupakan kategori penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru sebagai upaya terlaksananya pembelajaran yang aktif dengan media pembelajaran berbasis digital. Hasil penelitian merekomendasikan sebuah media pembelajaran informal sebagai kontribusi terlaksananya digitalisasi pembelajaran siswa yang aktif dan inovatif. Berdasar pada objek penelitiannya, artikel ini membahas proses keberlangsungan pembelajaran bahasa Arab serta apa-apa yang dibutuhkan guru dan siswa dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran itu sendiri.

References

Abdullah. (2017). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. 01(01), 45–62.

Anatasya, E., Cahyani, K., Ulfiah, Z., & Windayana, H. (2021). Aulad : Journal on Early Childhood Pengembangan Mutu Pendidikan Ditinjau dari Pemenuhan Kebutuhan Sarana dan Prasarana Pendidikan. 4(3), 306–311. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.235

Arda, Saehana, S., & Darsikin. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. 3, 69–77.

Botifar, M., Boeriswati, E., & Mayuni, I. (n.d.). Analisis Kebutuhan Guru Dan Siswa terhadap Pengajaran Bahasa Rejang sebagai Muatan Lokal di Sekolah Dasar.

Chusna, A. (2012). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.

Efendi, N. M. (2017). TIPE PEER LESSONS TERHADAP KEMAMPUAN. 4(2), 1–12.

Fitriani, W., Suwarjo, S., & Wangid, M. N. (2021). Berpikir Kritis dan Komputasi: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 234-242.

Furoidah, A. (2020). Media pembelajaran dan peran pentingnya dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa arab. 2(2).

Mariza, & Mardiah. (2020). Penerapan Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas V.A Di Sekolah Dasar Negeri 008 Tembilahan Hulu. 6(2), 126–138.

Nurjannah. (2018). Analisa Kebutuhan Sebagai Konsep Dasar Dalam Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab di MAN Curup. 2(1).

Nurrita, T. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. 03, 171–187.

Prananingrum, A. V., Rois, I. N., & Sholikhah, A. (2020). KAJIAN TEORITIS MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. 303–319.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 3089-3100.

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.18326/lisania.v1i1.817

Rabawati, K., Sutama, M., & Gosong, M. (2013). PENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 DENPASAR. 2.

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40. https://doi.org/10.7454/jki.v11i1.184

Setiawan, B., Pramulia, P., Kusmaharti, D., Juniarso, T., & Wardani, S. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Manggali, 1(1), 46-57.

Setyawan, C. E., & Ahsan. (2020). ARAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB ABAD 21. 9, 55–82.

Setyosari, P. (2014). MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS. 1, 20–30.

Shebastian, I. G. R., Putrama, I. M., & Suyasa, P. W. A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “PENGENALAN HEWAN DAN TUMBUHAN” PADA MATA METODE GAMEFIKASI UNTUK SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR ( STUDI KASUS : SDN 2 BATUR ). 9, 8–20.

Sunuyeko, N., Lani, A., & Wahyuni, L. (2016). ANALISIS KEBUTUHAN GURU DALAM PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR. 18–26.

Utomo, U. (2013). Analisis Kebutuhan Guru Seni Musik dalam Konteks Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Action Learning di Sekolah. Harmonia (13)2,112.

Yuanita, D. I. (n.d.). Penerapan strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar aswaja siswa di madrasah.

Zulfahmi, H. (2010). INDIKATOR PEMBELAJARAN AKTIF DALAM KONTEKS PENGIMPLEMENTASIAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM). 19, 278–284.

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Meliyani, A. R., Mentari, D., Syabani, G. P., & Zuhri, N. Z. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Agar Tercipta Kegiatan Pembelajaran yang Efektif dan Siswa Aktif. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02), 264–274. Retrieved from http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/179