Pengembangan Aplikasi Sipinter sebagai Media Pembentukan Karakter Islami bagi Anak SD dalam Upaya Preventif Degradasi Moral

Authors

  • Ida Handayani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nisa Astari Damayanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ajeng Anggaraeni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aliyya Putri Riadi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Pendidikan Karakter, Aplikasi Sipinter, D&D, Akhlak

Abstract

Islam selalu hadir sebagai solusi dari setiap problematika kehidupan termasuk problematika pendidikan karakter. Pendidikan karakter atau akhlak tentu sangatlah penting dalam kehidupan ini, oleh karena itu pembahasan mengenai pendidikan karakter selalu menarik untuk dikupas. Tujuan dari penulisan artikel ini yakni untuk mengetahui bagaimana aplikasi sipinter berperan dalam membentuk karakter siswa sekolah dasar dalam perspektif islam dan upaya preventif degradasi moral, kemudian juga untuk mengetahui respon siswa terhadap aplikasi sipinter. Penelitian ini menggunakan model Design and Development (D&D) yang biasa dikenal dengan desain dan pengembangan. Model penelitian D&D ini memiliki enam prosedur, yaitu identifikasi masalah, mendeskripsikan tujuan, desain dan pengembangan, komunikasi hasil uji coba, evaluasi hasil uji coba dan uji coba produk. Kemudian, dilakukan juga wawancara terhadap siswa dan guru mengenai produk yang telah dibuat. Data dalam penelitian ini bersumber dari siswa sekolah dasar yang berasal dari berbagai sekolah. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa aplikasi sipinter dapat bermanfaat dalam pembelajaran dan dalam membentuk karakter islami siswa sekolah dasar, selain itu aplikasi ini juga sangat menarik bagi siswa karena tampilannya yang dipenuhi gambar atau animasi, video, dan berbagai macam warna.

References

Adu, L. (2014). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Biosel: Biology Science and Education, 3(1), 68-78.

Aeni, A. N. (2014). Pendidikan karakter untuk siswa sd dalam perspektif islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50-58.

Aeni, A. N. (2016). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Mahasiswa PGSD Untuk Menanamkan Nilai Tanggung Jawab Pada Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIS: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(9), 106–125.

Ainissyifa, H. (2017). Pendidikan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1-26.

Fitri, A. (2018). Pendidikan karakter prespektif al-Quran hadits. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 258-287.

Haris, A. H. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 64-82.

Idris, M. (2018). Pendidikan Karakter: Perspektif Islam Dan Thomas Lickona. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 77-102.

Kaniawati, M., & Abidin, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pocket Book dalam Pengenalan Huruf Siswa Kelas I Sekolah Dasar: Pengembangan Media AR. Journal of Multiliteracies, 1(2), 77-87.

Naro, W. (2020). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Downloads

Published

2022-05-22

How to Cite

Handayani, I., Damayanti, N. A., Anggaraeni, A., Riadi, A. P., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Aplikasi Sipinter sebagai Media Pembentukan Karakter Islami bagi Anak SD dalam Upaya Preventif Degradasi Moral. JURNAL JENDELA PENDIDIKAN, 2(02), 172–181. Retrieved from http://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/173