Persepsi Guru dan Siswa Terhadap E-Module Praktikum Kimia Sebelum dan Pada Saat Pandemi Covid-19
Keywords:
kimia, e-module, pembelajaran online, pandemi COVID-19Abstract
Pandemi COVID-19 mempengaruhi kebijakan pemerintah Republik Indonesia diberbagai sektor termasuk pendidikan. Kebijakan social distancing atau physical distancing dalam upaya memutus penyebaran COVID-19 berpengaruh terhadap proses pembelajaran, salah satunya pembelajaran kimia di laboratorium. solusi yang dipilih dalam rangka mengimplementasikan kebijakan tersebut yakni dengan menerapkan online learning, seperti pemanfaatan e-module. Pada penelitian ini, dianalisis dan diinterpretasi persepsi guru dan siswa terhadap e-module praktikum kimia sebelum dan pada saat pandemi COVID-19. Berdasarkan hasil penelitian, persepsi siswa terhadap e-module praktikum kimia sebelum pandemi COVID-19 sebesar 3,382 (skala 4) pada kategori baik dan pada saat pandemi COVID-19 sebesar 3,414 (skala 4) pada kategori baik. Persepsi guru terhadap e-module praktikum kimia sebelum pandemi COVID-19 sebesar 3,30 (skala 4) pada kategori baik dan pada saat pandemi COVID-19 sebesar 3,43 (skala 4) pada kategori baik. Pengembangan e-modul praktikum kimia sangat penting dilakukan, e-module berperan besar ketika pembelajaran tidak memungkinkan untuk dilakukan secara langsung dan penerapan online learning.
References
Angraini, Mega Restu, Rini Muharini, and Ira Lestari. 2018. “Penerapan Blended Learnng Berbasis Edmodo Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 9 Pontianak.” 1–12.
Ardiansyah, Oky Dwi. 2017. “Efektivitas Pendekatan Kontekstual Berbantuan Cd Interaktif Dan E-Modul Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Spldv Kelas Viii.” Aksioma 7(1):36. doi: 10.26877/aks.v7i1.1408.
Astari, Jafrinta Irma Ruta. 2018. “Pengoptimalisasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Kimia Yang Efektif Dan Efisien Dengan Media Interaktif.” J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia) 3(1):24–30. doi: 10.17977/um026v3i12018p024.
Barni, Mahyuddin. 2019. “Tantangan Pendidik Di Era Millennial.” Transformatif 3(1):99–116. doi: 10.23971/tf.v3i1.1251.
Caballero, Ellen Mae, Princess Joy Munoz, Jamayca Jadraque, and Jerald Moneva. 2019. “Understanding Millennial Students.” International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP) 9(1):p8572. doi: 10.29322/ijsrp.9.01.2019.p8572.
Djiwandono, Patrisius Istiarto. 2017. “The Learning Styles of Millennial Generation in University: A Study in Indonesian Context.” International Journal of Education 10(1):12. doi: 10.17509/ije.v10i1.5085.
Elam, Carol L., Nicole J. Borges, and R. Stephen Manuel. 2011. “Millennial Students’ Perspectives on the Medical School Learning Environment: A Pilot Study from Two Institutions.” Medical Science Educator 21(2):151–57. doi: 10.1007/BF03341612.
Esi, Endang Purwaningsih, and Okianna. 2016. “Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dan Motivator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas Xi Smk.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 5(10):1–14.
Harefa, Nelius. n.d. HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA METODE PRAKTIKUM.
Harefa, Nelius, Novia Fransisca, and Dewi Silalahi. 2020. “Jurnal Pendidikan Kimia Improvement of Student ’ s Learning Outcomes and Motivation with Chemical Practicum e-Module.” 12(1):10–19. doi: 10.24114/jpkim.v12i1.17708.
Jambi, Universitas. 2019. “Darmaji, Dwi Agus Kurniawan, Astalini, Sofia Christine Samosir.” 11(2):213–20.
Jaya, Hasma Nur. 2017. “Keterampilan Dasar Guru Untuk Menciptakan Suasana Belajar Yang Menyenagkan.” Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan 17(1):23–35.
Layyinah, Leni. 2017. “Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Based on Scientific Approach Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Pembelajaran Pai.” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 4(1):1. doi: 10.17509/t.v4i1.6987.
Lestrai Eka Putri Epinur Epr, Yusnidar Yns. 2013. “Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Pada Materi Sistem Periodik Unsur Menggunakan Edmodo Berbasis Social Network Untuk Siswa Kelas X Ipa 1 Sma N 11 Kota Jambi.” Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry 5(2):23–30.
Little, Rachel A., and David J. Spary. 2017. “The Effect of Conventional versus Figure-of-Eight Module Ligation on Mandibular Incisor Alignment: A Randomised Controlled Trial.” Journal of Orthodontics 44(4):231–40. doi: 10.1080/14653125.2017.1371965.
Maharani, Nia, and Ketut Sepdyana Kartini. 2019. “Penggunaan Google Classroom Sebagai Pengembangan Kelas Virtual Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika Pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer.” PENDIPA Journal of Science Education 3(3):167–73. doi: 10.33369/pendipa.3.3.167-173.
Maria dkk. 2015. “Studi Analisis Peranan Guru Sebagai Motivator Dalam Pembelajaran Pkn Di Smp Negeri 1 Balinggi.” Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 1:1–14.
Muhammad Fadloli, Ersanghono Kusumo, Kasmui. 2019. “Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning.” Journal of Chemistry In Education 8(2252–6609):1–6.
Nasution, Wahyuddin Nur, and Edi Sahputra. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pai Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Kabanjahe Kabupaten Karo.” Edu Riligia 1(2):152–64.
Noor, M. Elfin, Wahyu Hardyanto, and Hari Wibawanto. 2017. “Penggunaan E-Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Proyek Di SMA Negeri 1 Jepara.” Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 6(1):17–26. doi: 10.15294/ijcet.v6i1.15572.
Pasca Rahmadianto, Ervian. 2016. “Pemanfaatan Schoology Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dasar Jaringan Pada Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Surabaya.” It-Edu 1(02):82–87.
Pratama, Gama Wardian, Ashadi Ashadi, and Nurma Yunita Indriyanti. 2017. “Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Problem-Based Learning ( PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Materi Koloid Sma Kelas XI Kritis.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 21:150–56.
Purwaningtyas, Wasis D. 2017. “Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Online Dengan Program Edmodo.” Jurnal Pendidikan 2(1):123, 121–29. doi: http://dx.doi.org/10.17977/jp.v2i1.8471.
Rumansyah, Muhammad. 2016. “Perbedaan Pengaruh Pembelajaran Dengan Menggunakan Modul Interaktif Dan Modul Konvensional Terhadap Pemahaman Konsep IPA The Differences of Effect of Teaching by Using Interactive Module and Conventional Module on the Understanding of Science Concept.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains 4(1):54–62.
Sabran, and Edy Sabara. 2019. “Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran.” Diseminasi Hasil Penelitian Melalui Optimalisasi Sinta Dan Hak Kekayaan Intelektual 122–25.
Sarah, Siti, and Siti Ngaisah. 2016. “Penggunaan Modul Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Karakter Mandiri Siswa.” Jurnal PPKM II 114–20. doi: ISSN: 2354-869X.
Series, Conference. 2019. “Science Generic Skills of ‘ Chemistry ’? Prospective Teachers : A Study on Collaborative Learning Using Exe-Media Science Generic Skills o f ‘ Chemistry ’? Prospective Teacher S : A Study on Collaborative Learning Using Exe-Media.” doi: 10.1088/1742-6596/1397/1/012032.
Sibuea, Gorat Victor. n.d. “The Development of Chemistry Lab Guide Book for High School Based on Guided Inquiry to Measure Scientific Attitudes and Science Process Skill.” 319–25.
Sinaga, Marudut Sinaga, Manihar Situmorang Situmorang, and Wesly Hutabarat Hutabarat. 2019. “Implementation of Innovative Learning Material to Improve Students Competence on Chemistry.” Indian Journal of Pharmaceutical Education and Research 53(1):28–41. doi: 10.5530/ijper.53.1.5.
Soni, Afdhil Hafid, Regiolina Hayami, Yulia Fatma, Febby Apri Wenando, Januar Al Amien, Evans Fuad, Mitra Unik, Harun Mukhtar, and Hasanuddin. 2018. “Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang.” Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI 2(1):17–20.
Gulmah Sugiharti, Abdul Hamid, and Mukhtar Mukhtar. 2019. “The Implementation of Learning Model and Virtual Lab toward Learning Outcome of Chemistry Education.” Jurnal Pendidikan Kimia 11(3):79–86. doi: 10.24114/jpkim.v11i3.15734.
Surabaya, Universitas Negeri. 2019. “Achmad Lutfi, Sukarmin.” 11(2):303–9.
Surakrta, Universitas Negeri. 2019. “Rifqi Pratama, Moh. Masykuri, Ashadi.” 11(1):62–69.
Tsaniyah, Siti Farhatus, Hena Dian Ayu, and Hestiningtyas Yuli Pratiwi. 2019. “Pengaruh Model Blended Learning Menggunakan Schoology Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa.” Jurnal Terapan Sains & Teknologi (RAINSTEK) 1(1):71–77. doi: 10.21067/JTST.V1I1.3236.
Wahid, Abdul Hamid, Chusnul Muali, and Mutmainnah Mutmainnah. 2018. “Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa.” Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 5(2):179. doi: 10.31958/jaf.v5i2.1106.
Wahyuningrum, Tutut. 2019. “Efektifitas Penggunaan Modul Terhadap Peningkatan Nilai Akhir Siswa Pada Pelajaran Bahasa Inggris – Tutut Wahayuningrum – Dbb V14 N1 Januari 2019 1.” Dbb 12(1):1–9.
Wati, Indah, and Insana Kamila. 2019. “Pentingnya Guru Professional Dalam Mendidik Siswa Milenial Untuk Menghadapi Revolusi 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019 2:364–70.
Web, Development, Based Teaching, Materials On, and Vertebrate Concept. 2019. “Baiq Hana Susanti.” 11(1):21–28.
Werth, Eric P., and Loredana Werth. 2011. “Effective Training for Millennial Students.” Adult Learning 22(3):12–19. doi: 10.1177/104515951102200302.
Yerimadesi, Yerimadesi, Ananda Putra, and Ririanti Ririanti. 2017. “Efektivitas Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mia Sman 7 Padang.” Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep) 1(1):17. doi: 10.24036/jep/vol1-iss1/29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL JENDELA PENDIDIKAN

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.